25 C
Jakarta
Jumat,27 Januari 2023

Yuk, Kenal Lebih Dekat Teknologi Webp – Produk Teknologi Google

Foto:Dok:Catanfa Images

Tahukah Kamu Apa itu Webp ?

Foto/Gambar merupakan salah satu hal pemanis pada sebuah artikel berita, rangkuman, literasi ataupun pada toko online yang menampilkan gambar produknya diweb. Foto merupakan hal wajib bagi seorang pedagang/pemilik toko ketika memasarkan productnya pada media online seperti web perusahaannya. Dan sudah pasti pada web tersebut terdiri dari beberapa gambar yang sangat banyak. Tetapi jangan senang dulu. Sebab ada problem bagi pemilik web. Ketika webnya sudah sukses menampilkan product yang memiliki gambar sangat kompleks akan memperlambat server tersebut dan akses bagi penggunjung/pembeli, terutama bagi penggunjung/pembeli yang memiliki koneksi lambat, koneksi dibawah rata-rata.

Bagaimana cara mengukur akses web pengunjung atau pembeli lambat atau cepat? caranya anda harus menganalisa menggunakan tools web seperti gmetrix atau google pagespeed. Ambang batas normal 10 detik sudah bagus dan toleransi sampai 15 detik cukup baik.
Lalu bagaimana cara mengatasi web lambat diakses lebih dari 10 detik? Anda jangan cemas sebab sekarang teknologi sudah banyak berkembang dan membantu. Cukup anda optimasi web tersebut dengan cara memasang accelarator atau optimasi backend nya yang sudah diintegrasi dengan beberapa teknologi. Seperti teknologi Webp dan sudah terdapat.

Apa itu Webp?

Webp merupakan format gambar yang berkualitas tinggi yang memiliki ukuran yang sangat kecil tanpa harus menurunkan kualitas. Format ini lebih ukurannya lebih kecil dibanding JPEG dan PNG. salah satu produk teknologi Google.
Jika gambar tidak dioptimasi dengan baik akan menimbulkan hal tidak baik. Sebab hal itu akan menyebabkan lambat, dan bisa bisa pengunjung atau pembeli kabur.

Webp merupakan format file yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2010. kompresi lossless menjadikan ukuran bagian data asli akan tetap sama meskipun file direkontruksi ulang. Dalam prosesnya gambar akan di kompress sebesar 26% lebih kecil. Sementara metode lossy akan mengecilkan ukuran file dengan menghapus sejumlah data asli.

File .WEBP dikenal juga dengan sebutan weppy. Berfungsi untuk meningkatkan performa halaman web dan membuat web lebih cepat dengan mengurangi file gambar. Format .Webp didasarkan pada algoritma kompresi sumber terbuka yang disebut ‘VP8’ dan menggunakan wadah berdasarkan RIFF.
Formatnya lossy, artinya beberapa data hilang selama encoding pengeditan berulang pada file *webp akan mengurangi kualitas gambar secara keseluruhan.

Google memperkirakan 65% lalu lintas internet saat ini adalah data gambar dan foto, jadi penurunan yang signifikan dalam jumlah data yang dikirim ke seluruh web akan meningkatkan kecepatan keseluruhan untuk semua pengguna internet.

Format Webp menghadapi kritik kecil karena tidak memasukkan fitur umum seperti transparansi (saluran alfa) sejak awal, meskipun Google mengumumkan fitur tambahan akan ditambahkan di kemudian hari.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!

Stay Connected

1,400FansSuka
2PengikutMengikuti
7PelangganBerlangganan

Latest Articles