25 C
Jakarta
Jumat,27 Januari 2023

Yuk Berwisata Sesuai Standar CHSE – Apa Itu CHSE? Berikut Penjelasannya

Menara Anyer - Wonderful Indonesia - Foto-Indonesiatravel
Menara Anyer 8211 Wonderful Indonesia 8211 Foto Indonesiatravel

 

Catanfa.com/Wisata – Anda ingin berwisata dengan aman dan nyaman? Yuk jangan salah pilih dalam memilih tempat wisata, terutama tempat wisata yang sudah memiliki sertifikat CHSE. Dalam hal kebijakan ini yakni Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia  sudah meluncurkan program sertifikasi CHSE. Sertifikasi CHSE adalah proses pemberian Sertifikat terhadap usaha pariwisata dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. CHSE merupakan singkatan dari CLEANLINESS, HEALTH, SAFETY dan ENVIRONMENT SUSTAINABILITY.

 

CLENLINESS / Kebersihan : Anda dapat melihat sisi kebersihan seperti ketersediaan cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, adanya toilet bersih, dan ketersediaan tempat sampah.

HEALTH / Kesehatan : Dari sisi kesehatan beberapa contohnya ketersediaan ruang kesehatan, terdapatnya kotak obat P3K, adanya pengaturan jarak aman, serta tata pengelolaan makanan serta minuman yang bersih dan higienis.

SAFETY / Keselamatan : Keselamatan dalam objek pariwisata sangat penting, contoh fasilitasnya; Memiliki prosedur penyelematan diri, ketersediaan alat pemadam kebakaran seperti titik kumpul, jalur evakuasi, dan alat komunikasi yang bergunsi baik.

ENVIRONMENT SUSTAINABLE / Kelestarian Lingkungan : Tempat Wisata yang menerapkan penggunaan perlengkapan dan bahan ramah lingkungan, Pemanfaatan air dan sumber energi secara efisien, pengelolaan sampah dan limbah, dan kondisi lingkungan sekitar asri dan nyaman.

 

Tanjung Lesung - Wonderful Indonesia - Foto-Indonesiatravel
Tanjung Lesung 8211 Wonderful Indonesia 8211 Foto Indonesiatravel

 

Jika anda sudah mengetahui penjelasan terkait CHSE, anda juga dapat mengecek lokasi wisata yang sudah bersetifikasi CHSE di sekitar anda. Berikut caranya :

  1. Akses situs chse.kemenparekraf.go.id
  2. Anda bisa ketik nama daerah dikolom pencarian untuk melihat lokasi wisata terdekat yang sudah tersetifikasi CHSE.
  3. Pilih lokasi Wisata yang anda inginkan dan temukan informasi detail terkait nomor sertifikat CHSE, masa berlaku sertifikat, alamat, hingga peta lokasi tempat wisata.

 

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!

Stay Connected

1,400FansSuka
2PengikutMengikuti
7PelangganBerlangganan

Latest Articles