Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

25 Makanan Populer yang Memiliki Arti Unik

 

CATANFA.com/Foods – Anda tahu bahwa Indonesia memiliki ragam kuliner yang melimpah mulai dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari street food sampai makanan resto. Kali ini kami bahas makanan yang sering dijumpai dimasyarakat dan mudah untuk dijumpai dan dicari. Dan dari sekian banyak kuliner terdapat beberapa makanan yang nama tersebut diambil dari singkatan-singkatan unik.

Berikut kuliner-kuliner  dengan nama unik yang memiliki arti sesungguhnya beserta penjelasannya;

  • Cireng adalah makanan dengan nama unik dari singkatan nama Aci/Tepung Kanji yang digoreng/Aci Goreng. Makanan ini berasal dari salah satu wilayah di jawa yakni  jawa barat. Cireng dapat kita jumpai di manapun baik dicorner food, street food bahkan kafe. Cireng terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan beberapa rempah-rempah. Cireng sendiri memiliki varian mulai dari rasa original dan varian toping, mulai isian keju, cokelat, ebi, bakso, daging, ayam, tahu, ikan teri bahkan sekarang inovasi tambahan sambal rujak, cuka dll.
  • Cimol (Aci digemol) istilah ini berasal dari bahasa sunda yang artinya Tepung kanji yang dibentuk bulat dan digoreng. Cimol sendiri jajanan yang mudah dicari. Bahkan jajajanan ini murah meriah mulai harga Rp 2000 – Rp 5000 saja. Makan cimol lebih nikmat ketika masih panas dan dibumbui bumbu kacang ataupun bumbu tabur gurih bahkan bumbu tabur pedas. Variasi cimol bahkan banyak macamnya.
  • Basreng adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung, rempah-rempah dan campuran daging ayam/sapi. Istilah unik Basreng merupakan singkatan dari Bakso Goreng. Makanan ini sering di cari oleh kalangan anak muda. Basreng bisa dijadikan cemilan atau lauk tambahan makan kalian. Bahkan varian basreng di kalangan jajanan sudah bervariasi seperti basreng jeletot, basreng kecap, keripik basreng, basreng kriuk, basreng pedas manis, seblak basreng dll.
  • Batagor adalah singkatan Bakso Tahu Goreng. Jajanan khas bandung ini sangat populer dan banyak tersebar di seluruh indonesia dan mudah dijumpai disekitar kalian.
  • Bakso Cuanki istilah unik ini berasal dari singkatan kata Cari Uang Jalan Kaki. istilah unik dan mudah diingat. Bakso cuanki layaknya varian bakso lainnya yang membedakan yakni rasa kuah serta kualitas daging dan cara berjualannya. Olahan ini terbuat dari daging tenggiri, telur dan tepung kanji. Bakso cuanki biasanya dihidangkan lengkap dengan tahu dan mie. Makan bakso lebih enak saat hujan-hujan bersama minum teh hangat.
  • Ketoprak : Ketoprak merupakan salah satu makanan khas indonesia yang berasal dari Jakarta. Asal usul nama tersebut masih belum diketahui pasti, namun makanan ini merupakan singkatan dari Ketupat, Toge, digeprak
  • Cilok : Cilok nama unik jajanan lainnya dari singkatan Aci di colok. Istilah ini berasal dari bahasa sunda. Betul sekali seperti halnya Cilor dan Cimol, Cilok juga terbuat dari bahan dasar tepung kanji. Makanan ini cocok berpadu dengan bumbu kacang bahkan bisa pedas bagi yang suka pedas.
  • Cilor : Cilor berasal dari bahasa sunda, singkatan dari Aci (tepung kanji) pakai telor/aci telor. jajanan yang berasal dari bahan dasar tepung kanji lalu dibentuk bulat kecil-kecil seukuran 2 centimeter lalu di celup kedalam telor kemudian di goreng
  • Combro : Combro merupakan singkatan Oncom di Jero istilah bahasa sunda yang artinya oncom ada didalam. Combro berbahan dasar dari pohon jenis umbi-umbian yakni singkong. Oncom berbeda dengan Misro. Oncom lebih ke arah gurih sebab isian dari makan tersebut adalah oncom. Kalian tahu bahwa oncom itu berasal dari hasil fermentasi ampas tahu.  Combro lebih baik dimakan dengan sambel kacang ataupun sambal pedas. Sekarang inovasi combro sudah banyak terutama di sausnya. Mulai dari sambel balado, sambel jeletot. dan sambel lainnya.
  • Misro : Misro merupakan singkatan dari Amis di Jero, istilah ini juga berasal dari bahasa sunda yang mana amis itu berarti manis, dan jero artinya didalam. Sesuai dengan namanya, makanan ini terdapat isian yang manis, mulai dari rasa gula aren bahkan variasi rasa lainnya. Bahan dasar makanan ini seperti makanan combro yang berasal dari singkong.
  • Comet : Combro versi mini karena ukurannya yang kecil. Istilah itu terbentuk dari kata Combro sa’emet / combro sedikit/kecil. Comet merupakan makan khas Tasik, makanan yang langka dan hits di tanah sunda. Makan ini lebih enak ditambah sambal kacang. Comet sekarang sudah ada bervariasi mulai dari keriping
  • Piscok : Piscok merupakan jajanan yang laris di masyarakat. Makanan ini singkatan dari Pisang Coklat. Makanan ini terbuat dari irisan pisang dengan isian cokelat cair/susu kental manis cokelat dan dilapisi oleh kulit tipis mirip crepes. Namun lazim yang sering kita jumpai menggunakan kulit lumpia yang kemudian digoreng dengan minyak banyak.
  • Colenak :  Colenak merupakan makanan yang terbuat dari peuyem(tapai singkong) yang dibakar dan disantap dengan gula jawa cair yang dicampur serutan kelapa. Colenak singkata dari dicocol enak. Kudapan ini termasuk makanan khas bandung.  Colenak populer dilantunkan menjadi kawih degung Sunda hingga nyanyian anak-anak bermain “Colenak beuleum peuyeum digulaan”. Inovasi colenak pun sekarang beragam dimulai dari topeng bahkan sausnya seperti saus durian dan lain-lain.
  • Gehu : Sebagian orang sudah tidak asing dengan makanan ini bahkan singkatan dari nama jajanan ini. Nama unik tersebut berasal dari kata tauge tahu. Kok bisa? sebab makanan ini isiannya berasal dari tumisan toge yang dicampur dengan beberapa macam sayuran seperti kol dan wortel.
  • Gedas : Singkatan Dari Gehu Pedas. Sama seperti gehu normal cuma yang membedakan adalah isian tersebut disisipkan cabe rawit yang membuat rasa gehu menjadi pedas.
  • Geco : Geco merupakan makanan yang berasal dari  bahan dasar Tauge dan Tauco. Dan mana unik tersebut berdasarkan bahan dasar tersebut. Makanan ini berasal dari tanah sunda letaknya di daerah cianjur. Makanan ini di hidangkan dengan ketupat, potongan kentang kecil, potongan telur rebus, mie aci, cuka lahang, kecap manis dan sambel cabe rawit. Geco memiliki cita rasa asam yang lembut manis, gurih berasal dari tauco.
  • Papeda : Papeda merupakan yang sering dijumpai di acara-acara adat di Papua, pertemuan dan antar suku maupun syukuran. Papeda merupakan singkatan dari kata Papua Penuh Damai.
  • Nasgor : Nasgor sering kita jumpai pada malam hari, Kita pasti tahu Nasgor merupakan singkatan dari nasi goreng. Keterlaluan kalau kalian tidak tahu. Nasgor mudah dicari dan sebagai salah satu jajanan favorit. Makanan ini campuran nasi dan sayur-sayuran bahkan isian yang bervariasi mulai dari ampela ayam, daging ayam, petai, sosis dll. Bhakan beberapa invoasi nasgor yang diberi keju untuk membuat cita rasa baru.
  • Buryam : Buryam merupakan singkatan dari Bubur Ayam. Makanan yang berbahan dari beras yang matang dengan kepadatan lembut sehingga mudah dimakan. Makanan ini banyak dicari orang ketika sarapan. Makanan ini memiliki topping yang beragam dari suir daging ayam, telur puyuh, ampela, ati, dll.
  • Jasuke : Jajan ini merupakan singkatan dari Jagung Susu Keju. Jajanan ini mudah dijumpai berbagai tempat. Mulai dari di pinggir jalan bahkan sudah masuk ke mall-mall. Perpaduan antara manis jagung, Susu dan Keju menghasilkan rasa yang tak tertandingi. Makanan ini murah meriah, cukup keluarkan kocek Rp 8.000,- kalian sudah dapat menikmati jajanan ini.
  • Perkedel : Fakta menarik tentang perkedel, ternyata makanan ini terinspirasi dari makanan khas belanda bernama frikadel. Ya makanan rumahan ini yang dikenal dengan sebutan perkedel merupakan singkatan dari persatuan kentang telur.
  • Putu :  Fakta menarik lainnya mengenai jajanan Putu antara lain, makanan ini merupakan singkatan dari Pencari Uang Tenaga Uap. biasanya, terbuat dari tepung beras yang diberi isian gula jawa, lalu ditaburi dengan parutan kelapa. Nama diberikan karena biasanya untuk mengukus kue ini di atas uap atau asap panas, sehinnga menghasilkan bunyi khas.
  • Es Doger  : Es Doger atau biasa disebut dengan es Dorong Gerobak. Ya tentu saja es doger ini dijual dengan cara mendorong gerobak. itulah asal mula dinamakan es doger.
  • Sukro : Merupakan singkatan yang dari bahasa sunda yakni Suuk di Jero, atau dalam bahasa indonesia disebut dengan kacang dalam terigu. Hal ini dikarenakan, jajanan ini menggunakan kacang yang dibalut dengan adonan tepung yang berbentuk bulat. Untuk rasa tentu saja gurih, makanan ini bisa sebagai cemilan bahkan dikonsumsi dengan makanan lain seperti bakso.
  • Capcin : Siapa yang tidak kenal dengan Capcin, minuman yang menghilangkan dahaga saat terik siang hari. ya betul sekali, Capcin adalah minuman yang memiliki nama unik dari sebutan Cappucino Cincau.
  • Kipo : Singkatan dari kata Iko opo. makanan yang terbuat dari campuran beras dan tepung ketan, lalu diberi parutan kelapa dan gula jawa. Nama tersebut berasal dari bahasa jawa yang artinya ini apa. Sebab banyak pertanyaan orang yang menanyakan soal panganan tradisional ini.

Diatas merupakan makanan-makanan yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Have a good time.

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.