Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

Tutorial Mudah Cara Dark Mode Chrome PC di Windows dan Mac OS

Ingin mengubah tampilan Google Chrome menjadi dark mode agar lebih nyaman di mata? Berikut adalah tutorial mengubahnya di Windows dan Mac OS.
dark mode google chrome
dark mode google chrome

 

CATANFA.com/Tutorial – Demi kenyamana penggunanya, saat ini banyak software yang telah mengembangkan fitur dark mode. Dengan adanya fitur ini, para pengguna senantiasa bisa mendapatkan kenyamanan lebih, terutama pada kenyamanan pandangan. Tampilan layar dengan mode cerah sebenarnya lebih memberatkan mata sehingga dapat menyebabkan mata lelah lebih cepat. Namun, dengan fitur dark mode ini telah dipercaya dapat mengurangi beban mata pada saat menatap layar PC terlalu lama.

Mengaktifkan dark mode pada setiap software tentunya memiliki cara yang berbeda-beda. Salah satu software yang telah mengembangkan fitur ini adalah Google Chrome. Antusiasme pengguna akan hadirnya fitur ini semakin menunjukkan bahwa dark mode merupakan fitur yang dinanti banyak orang.

Apabila Anda adalah pengguna Chrome dan ingin mengubah pengaturan tampilan menjadi dark mode, berikut ini adalah tutorial cara dark mode Chrome PC dengan mudah, baik itu di Windows ataupun Mac OS.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah meng-update software Google Chrome. Update software sangat penting untuk dilakukan karena keberhasilan pemasangan dark mode juga bergantung pada hal ini.

 

Baca Juga : Dark Mode Chrome PC, Begini Cara Pemasangannya

 

Cara Dark Mode Chrome PC Windows

 

Sebelum Anda mempraktikkan mengubah dark mode, terdapat satu hal penting yang mesti dilakukan. Hal penting tersebut adalah melakukan update software Google Chrome. Berikut ini adalah hal yang harus dilakukan untuk update Chrome.

 

Buka Google Chrome

 

Untuk meng-update Chrome PC, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka software. Anda dapat membukanya di PC dengan dua kali pada icon tersebut atau klik kanan dan pilih menu “Open”.

 

Pilih dan klik menu utama di pojok kanan atas

 

Setelah berhasil membuka Chrome, hal selanjutnya yang dilakukan adalah mencaro menu utama di pojok kanan atas jendela Chrome. Setelah berhasil, kemudian klik menu tersebut sehingga muncuk menu lainnya.

 

Klik menu “About Google Chrome”

 

Setelah menu muncul, pilih dan klik menu “About Google Chrome”. Di menu tersebut menampilkan profil dan data penggunanya. Informasi yang tampil di halaman tersebut akan memuat informasi dasar dan umum tentang Chrome yang kita gunakan.

 

Pastikan untuk selalu menggunakan Chrome versi terbaru

 

Setelah halaman Chrome menampilkan informasi dasar tentang penggunanya, jangan lupa selalu mengecek apakah Anda sudah menggunakan versi terbaru dari software Chrome ini.

Nah setelah melakukan update software, kini kamu bisa langsung mengubah tampilan Chrome menjadi dark mode. Berikut adalah cara dark mode Chrome PC Windows dan Mac OS yang perlu kamu simak.

Bagi Anda pengguna Windows, fitur dark mode yang telah tersedia di Google Chrome saat ini bisa Anda aplikasikan di PC Anda. Mengaktifkan dark mode Chrome PC Windows sangat mudah dilakukan. Terdapat dua cara yang dapat digunakan, yakni dengan menggunakan ekstenis Chrome dan tanpa ekstensi. Anda dapat menyimak langkah-langkahnya sebagai berikut.

 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan Yang Tiba-Tiba Muncul Di PC

 

Menggunakan Ekstensi

 

Bagi Anda yang hanya ingin mengubah tampilan Google Chrome saja tanoa harus mengubah mode seluruh PC menjadi gelap, maka Anda dapat mengubahnya dengan menggunakan ekstensi Chrome. Berikut adalah tutorialnya.

  1. Buka dan jalankan software Google Chrome pada PC Windows Anda
  2. Klik pada menu Sesuaikan di pojok kanan bawah pada halaman Chrome. Apabila tidak muncul, maka Anda perlu meng-install ekstensi resmi bernama Just Black di Google Chrome.
  3. Kemudian Anda hanya tinggal mengubah warna serta tema Chrome pada menu Warna dan Tema. Di menu tersebut, disediakan banyak pilihan warna, mulai dari terang hingga gelap. Jila Anda menginginkan dark mode, maka Anda harus memilih warna hitam dengan kombinasi abu-abu.
  4. Setelah menentukan warna dan tema, klik Selesai. Anda sudah mengganti tampilan Chrome Anda menjadi dark mode hanya dalam hitungan menit saja.

 

Tanpa Ekstensi

 

Cara dark mode Chrome PC di Windows tanpa menggunakan ekstensi sangat mudah dan cepat. Untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan, berikut adalah langkah-langah cara mengubah tampilan Chrome menjadi dark mode tanpa menggunakan ekstensi.

  1. Klik menu Start atau Windows yang ada di pojok kiri bawah PC Anda.
  2. Ketik Dark Theme Settings atau Pengaturan Mode Gelap pada kolom pencarian yang tersedia.
  3. Klik menu tersebut dan Anda akan langsung diarahkan ke menu Pengaturan atau Setting.
  4. Setelah itu, pilih lah menu Dark pada kolom yang tersedia.
  5. Dalam sekejap, seluruh tampilan PC Windowsmu akan berubah menjadi dark mode.

 

Baca Juga : Cara Membuat Virtual Desktop Pada Windows 10

Baca Juga : Bingung AMD A9 Setara Intel Apa? Ini Perbandingannya!

 

Cara Dark Mode Chrome PC Mac OS

 

Seperti halnya Windows, Anda perlu untuk melakukan update sistem operasi PC menjadi MacOS Mojave. Sistem operasi ini telah dibekali berbagai fitur baru, salah satunya yakni dark mode. Oleh karenanya, apabila Anda ingin membuat tampilan Google Chrome menjadi gelap, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah mengecek sistem operasi Mac.

Tidak seperti Windows yang dapat melakukan pengaturan secara terpisah pada setiap aplikasi, PC Mac ternyata tidak bisa melakukan pengaturan dark mode secara terpisah. Oleh karenanya, Anda hanya dapat mengubah tampilan dark mode Google Chrome apabila PC Anda disetel untuk pengaturan tampilan dalam dark mode. Setelah itu, Anda baru mendapati tampilan dark mode akan terpasang di Google Chrome juga.

Setelah memastikan dan berhasil meng-install sistem operasi MacOS Mojave, selanjutnya Anda dapat menyetel Google Chrome menjadi dark mode. Cara dark mode Chrome PC di MacOS Mojave sangat mudah dilakukan serta tidak memerlukan waktu yang lama. Maka dari itu, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat menyetel dark mode pada Google Chrome.

  1. Buka aplikasi Google Chrome di MacOS Anda
  2. Klik menu lainnya (bergambar titik tiga) di sebelah pojok kanan atas
  3. Pilih menu Setting atau System Preference
  4. Setelah itu pilih menu General
  5. Pada saat Anda berada pada menu General, terdapat banyak menu yang biasa digunakan untuk pengaturan. Untuk mengubah Google Chrome menjadi dark mode, Anda perlu me-klik menu Appearance.
  6. Setelah berada di menu Appearance, Anda kemudian harus memilih opsi Dark pada kolom yang ada.

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak juga fitur baru yang akan terus lahir. Fitur dark mode pada aplikasi dan PC saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena dark mode diklaim sebagai salah satu solusi atas banyaknya kasus kelelahan pada mata karena urusan pekerjaan.

Salah satu software di PC yang sedang turut mengembangkan fitur ini adlaah Google Chrome. Seperti yang diketahui, software tersebut dapat digunakan di PC Windows dan Mac. Untuk dapat mengubah pengaturan tersebut, terdapat banyak cara dark mode Chrome PC seperti yang sudah dijelaskan di atas. Oleh karena itu, fitur ini akan cocok digunakan dan dioperasikan bagi lebih banyak kalangan sehingga manfaatnya juga akan lebih terasa.

 

Baca Juga : Tips Cara Membuat QR Code Mudah dan Gratis

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.