Cara Menghilangkan Iklan Yang Tiba Tiba Muncul di PC

Cara Menghilangkan Iklan Yang Tiba Tiba Muncul di PC

Saat ini keberadaan e-Commerce sudah tak mengherankan lagi, karena dengan adanya dukungan teknologi yang mumpuni untuk membantu para pembisnis memasarkan produk dan layanan jasa mereka menggunakan iklan online. Salah satunya dengan  beberapa iklan pop-up yang secara tiba-tiba, para pengguna PC termasuk Anda pasti akan merasa terganggu dengan munculnya iklan yang tiba – tiba saat Anda sedang berselancar internet. Namun Anda tidak perlu khawatir untuk menangani masalah tersebut. Terdapat beberapa cara menghilangkan iklan yang tiba – tiba muncul di PC. Berikut ulasan cara menghilangkan iklan yang muncul di PC atau Personal Computer.

 

Langkah – Langkah Hilangkan Iklan Yang Muncul di PC

 

Dengan kemunculan para iklan-iklan jasa atau produk yang dipasarkan melalui online, merupakan hal yang wajar, karena para pebisnis juga ingin usaha mereka laku di pasaran. Tetapi jika iklan tersebut terlalu sering muncul dengan tiba-tiba, maka hal tersebut pasti akan membuat Anda tidak nyaman saat memakai PC Anda, jangan cemas beberapa daftar tips dibawah ini akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Simak penjelasannya.

 

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Baca Juga : Cara Membuat Virtual Desktop Pada Windows 10

 

1. Uninstall Jenis Aplikasi Yang Mencurigakan

 

Anda pasti pernah mengunduh beberapa aplikasi pada PC atau laptop, kemungkinan besar itulah penyebab utama munculnya iklan – iklan online pada PC Anda yang tidak Anda sadari keberadaannya. Nah langkah-langkah berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk menghilangkan beberapa iklan yang muncul di PC Anda dengan cara yang mudah, berikut ini.

  • Langkah pertama Anda bisa membuka Control Panel di PC Anda lalu masuklah ke Uninstall program.
  • Kemudian pada halaman selanjutnya, Anda akan melihat banyak daftar beberapa aplikasi Anda yang sudah Anda Install di PC Anda.
  • Lalu langkah berikutnya yaitu Anda bisa memilah-milah beberapa aplikasi yang kemungkinan menjadi penyebab utama para iklan online tersebut yang tiba-tiba muncul pada PC Anda.
  • Selanjutnya Anda setelah memilih Aplikasi tersebut, lalu Anda bisa klik kanan pada aplikasi tersebut dengan mengeklik Uninstall.

Nah mudah bukan, Anda bisa mencoba cara tersebut. Tak hanya itu, jika pada langkah pertama tidak memuaskan hasilnya, anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, yakni Dengan cara scanning Virus.

 

2. Atasi Iklan Dengan Metode Scanning Virus atau Adsware

 

Cara menghilangkan iklan yang tiba – tiba muncul di PC selanjutnya adalah dengan melakukan scanning atau menghilangkan beberapa virus atau adsware yang menyebabkan beberapa iklan tersematkan pada pc anda sehingga saat anda berselancar internet dan online iklan tersebut akan muncul pada Komputer atau PC Anda. Memang kemunculan beberapa virus atau adsware tidak bisa anda duga dan bisa datang dari mana saja, seperti dari internet, flasdisk atau beberapa aplikasi yang pernah anda install sebelumnya. Anda bisa bisa menggunakan Antivirus atau adsware bisa juga dengan menggunakan Windows Defender seperti pada penjelasan berikut ini.

  • Pada langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka windows defender pada PC atau Laptop Anda
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih opsi Quick dan klik Scan Now
  • Lalu tunggulah proses Scanning tersebut hingga selesai
  • Setelah itu jika sudah, Anda bisa menghapus semua virus yang sudah terdeteksi selanjutnya Anda bisa me- restrart PC atau Laptop Anda setelah di scanning sebelumnya

 

Baca Juga : Dampak dan Ciri-Ciri Gawai Android Disusupi Adware

Baca Juga : 5 Tips Mudah Buat Feed Instagram Keren Tanpa Skill

Baca Juga : 6 Ciri-Ciri Nomor Whatsapp Diblokir Pengguna Lain

 

3. Cek Dan Pastikan Anda Sudah Menghapus File Temporary

 

Pada File Temporary merupakan sebuah file yang berisi kumpulan data yang tersimpan secara otomatis setiap kali Anda menggunakan Laptop atau PC Anda, jadi semua data dan file Anda akan otomatis tersimpan pada file tersebut.

Fungsi dari file temporary juga sangat beragam salah satunya yaitu dapat menyimpan data aplikasi iklan secara otomatis terutama file temproray pada web browser. Maka untuk menghilangkan iklan online  akibat hal tersebut Anda bisa melakukan langkah berikut ini.

  • Pada langkah pertama Anda bisa langsung klik tombol Windows + R
  • Kemudian, Anda bisa mengetik temp lalu pilih opsi OK
  • Setelah itu Anda bisa hapus semua folder dan file yang terdapat di jendela baru tersebut.
  • Selanjutnya klik tombol Windows + R lalu ketik temp dan pilih opsi OK
  • Lalu jika sudah , hapus lagi semua file dan folder yang ada didalamnya
  • Kemudian pada langkah terakhir dengan melakukan restart laptop atau PC Anda

 

Untuk menghilangkan File Temprory Browser Google Chrome, Firefox atau Microsoft Edge akan dibahas pada artikel yang berbeda.

 

4. Dengan Cara Merubah Settingan/Pengaturan Sistem Windows PC Anda

 

Bagi para pengguna PC dengan didukung Windows 10, Iklan memang kerap kali muncul secara tiba – tiba yang bisa menganggu aktifitas Anda. Iklan online tersebut biasanya sering Anda temukan di menu Start, notifikasi, dan Taskbar atau File Explorer di PC Anda. Jangan khawatir karena pada ulasan berikut akan memberi tahu Anda cara menghilangkan iklan yang tiba – tiba muncul di PC atau laptop Anda. Ikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Langkah pertama Anda bisa membuka menu setting dengan mengeklik menu System dan pilih opsi Notification
  • Kemudian pilih off pada kolom “Show me the window…”
  • Setelah itu Anda bisa kembali lagi pada menu setting , lalu pilih menu personalization
  • Selanjutnya jika sudah, klik menu start kemudian atur showing suggestion ke mode off
  • Setelah itu buka lagi menu Setting dan Anda bisa memilih menu Notification
  • Lalu pilih opsi off pada kolom “Get Tips,…”
  • Kemudian pada langkah terakhir dengan membuka Explorer, kemudian klik opsi view
  • Lalu Anda bisa Nonaktifkan pada kolom Sync Provider Notification.

 

Baca Juga : Trik Anti DC (Diskonek) Indihome Modem ZTE F609 V3

Baca Juga : Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

 

Penyebab Pop Up Iklan Yang Muncul Tiba-Tiba Muncul

 

Seperti pada penjelasan diatas bahwa iklan pop up yang sering muncul kemungkinan disebabkan karena adanya sebuah aplikasi yang berjalan secara otomatis pada latar belakang tanpa Anda ketahui. Saat beberapa waktu yang lalu Anda menginstall sebuah aplikasi bisa jadi itu juga menjadi penyebab munculnya sebuah iklan pop up pada PC Anda. Karena pada beberapa aplikasi yang kurang dapat dipercaya terkadang sangat memungkinkan untuk memunculkan iklan pop up tersebut.

Terkadang tanpa Anda sadari aplikasi tersebut tidak pernah Anda instal sebelumnya, bisa juga mereka datang dari aplikasi lain pada saat proses penginstalan terjadi. Pada penjelasan diatas sudah dijelakan beberapa cara untuk mengatasinya jadi Anda tinggal mengaplikasikan saja pada PC Anda. Jika cara – cara diatas tidak bisa membuahkan hasil Anda bisa re- install ulang Windows dalam PC Anda agar virus benar – benar dapat bersih 100 persen.

 

Kesimpulan

 

Jadi dengan adanya beberapa iklan yang muncul pasti cukup mengganggu aktifitas Anda saat menggunakan PC atau Laptop Anda, apalagi sudah terhubung dengan jaringan internet pasti banyak iklan yang bertebaran dan muncul secara tiba – tiba.

Umumnya terdapat dua penyebab utama yang umum iklan online yang muncul secara tiba – tiba. Penyebab yang pertama karena adanya virus adware yang berada dan beroperasi pada sistem, dan penyebab kedua disebabkan oleh adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa Anda sadari.

Pada umumnya iklan online yang muncul tersebut berupa gambar, video dan gambar bergerak. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir karena beberapa cara diatas bisa membantu Anda dalam menghilangkan iklan online tersebut. Jadi Anda bisa mengikuti  langkah – langkah tersebut dan mencoba menerapkan pada PC atau laptop Anda.

Demikianlah informasi tentang cara menghilangkan iklan yang tiba – tiba muncul di PC  Anda. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan terima kasih.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tentang Penulis

admin

admin

Tinggalkan Komentar