Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

4 Cara Mudah Hapus File Temp di Windows

Beragam cara untuk menghapus data dari harddisk. Salah satunya menghapus file temp untuk mempercepat kinerja sistem windows. Berikut langkah-langkah caranya :
4 CARA MUDAH HAPUS FILE TEMP WINDOWS

 

CATANFA.com/Tutorial – Beragam cara untuk menghapus data dari harddisk. Tujuan penghapusan ini pun beragam alasan, salah satunya untuk menghemat harddisk agar tidak terjadinya penumpukan data sehingga harddisk penuh. Jika kapasitas harddisk hanya tersisa sedikit dan tidak ada ruang space untuk sistem maka akan berpengaruh terhadap lancar tidaknya saat sistem berjalan.

Mengatasi lambatnya sistem yang terdapat pada Windows salah satunya dengan cara menghapus file temp. lantas file Temp itu apa?

 

Apa Itu Temp?

Temporary File atau biasa disebut dengan temp. Temp adalah file-file sementara yang disimpan disebuah folder windows. Temp cukuplah sederhana cara kerjanya, File temproray berisi dari intruksi atau cache dari sebuah program.

Sehingga ketika anda ingin membuka aplikasi yang sama sebelumnya atau menjalankan sebuah program yang baru maka Sistem akan otomatis memanggil perintah untuk mencari data temp yang telah tersimpan pada folder temp. Dengan begitu dalam proses loading program tak perlu menghabiskan waktu yang cukup lama. Dengan begitu file temp diperlukan, namun kadang kala file temp harus dihapus.

Berikut kiat 4 cara menghapus file temp pada sistem windows yang perlu anda coba :

 

HAPUS TEMP MELALUI RUN WINDOWS

  1. Akses Aplikasi RUN dengan cara tekan tombol Windows+R pada keyboard.
  2. Ketik ‘%temp%’ tanpa kutip satu, untuk membuka folder temp windows.
  3. Setelah terbuka folder temp, anda akan melihat beberapa data file berupa folder dan file-file lainya yang berada pada folder temp.
  4. Seluruh file pada pada folder temp bisa anda hapus dengan cara tekan tombol CTRL+A pada keyboard untuk menseleksi seluruh file pada folder tersebut
  5. Untuk menghapus secara permanen bisa anda lakukan dengan menekan tombol Shift+Delete. Hal ini untuk menghapus secara permanen tanpa harus melewati file nyangkut di folder Recylebin (Folder Tempat Sampah)

 

HAPUS TEMP MELALUI EXPLORER

  1. Buka jendela aplikasi Explorer Windows anda dengan cara ‘Windows+E’
  2. Kemudian ketik %temp% atau C:\Users\Users\AppData\Local\Temp atau C:\Windows\Temp pada navigasi url
  3. Setelah anda mengakses folder tersebut, anda akan melihat seluruh file pada folder temp.
  4. Kemudian Select All file dengan cara tekan tombol CTRL+A pada keyboard, kemudian Hapus seluruh file secara permanen dengan cara tekan tombol pada keyboard Shift+Delete atau hapus file dengan metode default dengan cara klik kanan -> Delete

 

HAPUS FILE TEMP MENGGUNAKAN THIRD PARTY (CCLEANER)

Ccleaner merupakan aplikasi ketiga yang berfungsi untuk membersihkan file sampah yang terdapat di sistem windows. Tak hanya menghapus file temp, cache, cookies, aplikasi ini dapat menghapus history dari sebuah program web browser dan history explorer.

Untuk menghapus file temp menggunakan CCLEANER ikuti Langkah berikut :

  1. Pastikan kamu sudah memasang aplikasi CCleaner di Perangkat Windows PC anda
  2. Buka Aplikasi CCleaner, Start -> CCLEANER -> CCLEANER.exe
  3. Ketika aplikasi ccleaner sudah terbuka, Arahkan navigasi mouse anda ke Custom Clean -> Windows -> System -> Centang pada kolom pilihan Temproray Files dan pastikan anda tidak mencentang kolom Empty Recycle Bin agar file pada folder Recyle Bin tidak terhapus.
  4. Setelah mencetang beberapa category yang dipilih, anda dapat menghapus dengan cara klik tombol RUN Cleaner
  5. Akan keluar popup Intruksi untuk menghapus files, setujui popup tersebut untuk menghapus file temp.

 

HAPUS FILE TEMP DENGAN DISK CLEANUP

Disk Cleanup merupakan default program windows yang dapat kita gunakan untuk menghapus file temp. Tak hanya untuk menghapus file temp, Disk cleanup juga dapat menghapus file Download, Temprory Internet Files, Recylebin, File Update dan File lainnya.

 

Untuk menghapus file tersebut, ikuti Langkah-langkah berikut :

  1. Buka Start Menu lalu cari program Disk Cleanup
  2. Pilih Drive Disk yang ingin kamu bersihkan contoh Drive C, tunggu beberapa waktu untuk program ini melakukan indexing beberapa file dari jenisnya.
  3. Setelah itu kamu bisa melihat daftar file berdasarkan jenis filenya, dan anda dapat menghapus file atau folder yang dengan memilih Temproray Files.
  4. Kemudian klik OK untuk menghapus.

Sebagai informasi, disk cleanup hanya dapat digunakan untuk menghapus file untuk waktu 7 hari saja.

Sekian pembahasan terkait 4 cara mudah menghapus file temp di windows. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan sebijak mungkin. Untuk update informasi terkait tutorial lainnya, anda bisa subscribe langganan kami via email. Support selalu kami dengan menshare dan like artikel kami.

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.