25 C
Jakarta
Jumat,27 Januari 2023

Tips Jitu Pointing Antena Sinyal Terbaik TV DIGITAL

Man watching TV at home. Holding remote controller and switching channel. First person view. High quality photo

CATANFA.com/Teknologi – Siaran TV Analog sudah mulai dimatikan secara bertahap sejak 30 April 2022 dibeberapa daerah. Dengan peralihan dari analog ke digital diharapkan dapat memperbaiki kualitas gambar dan suara dari segi teknis. Namun tv digital baru tersedia untuk daerah-daerah tertentu dan belum seluruh channel tersedia pada signal digital. Untuk mengetahui daerah anda sudah tersedianya signal digital, anda perlu mendowload aplikasi sinyalTVdigital.

Melalui Kementerian Komunikasi Indonesia, Pemerintah sudah menyediakan aplikasi sebagai alat untuk mengetahui kualitas signal dan titik point dari sebuah TV Digital. Umumnya perangkat tv terbaru rata-rata sudah include dan support signal digital, sedangkan untuk perangkat tv konvesional (analog) yang ingin beralih ke digital diharuskan mempunyai STB BOX serta antena outdoor yang sudah digital. STB Box ini berguna sebagai alat penerima (receiver) signal tvdigital.

Masyarakat dapat memamanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengetahui kualitas sinyal serta fungsi lain dari aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut dinamakan dengan sinyalTVdigital, masyarakat sudah dapat mengunduhnya melalui playstore atau apps store.

Didalam aplikasi tersebut menampilkan detail informasi terkait stasiun tv apa saja yang sudah tersedia pada daerah anda. Tak hanya itu, detail warna yang ditampilkan pada peta di aplikasi sinyalTVdigital menunjukkan kualitas signal dari terlemah sampai terkuat.

 


Kami kutip dari media sosial twitter @kominfo (2/06/22), pada peta menunjukkan 8 warna signal pada peta aplikasi tersebut. Lantas seperti apa arti dari warna-warna tersebut ? Berikut detail rincian arti warna dari signal sinyalTVdigital :

  • Orange – Merah  : Sinyal kuat dengan kekuatan sebesar >56 dBuV/m
  • Hijau Muda, Hijau Tua, Kuning :  Sinyal Sedang dengan kekuatas sebesar 47-56 dBuV/m
  • Abu-abu, Biru muda : Sinyal Lemah dengan kekuatan <47 dBuV/m

Kami sarankan ketika anda baru migrasi ke tvdigtal dan sedang melakukan pointing antena tv digital. Lebih baik anda mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Jika sudah, anda dapat membaca informasi yang tersedia pada aplikasi tersebut. Kemudian bisa arahkan antena outdoor digital anda ke bts antena tower tv digital terdekat dengan kualitas signal yang mendukung.

 

Alat Yang diperlukan untuk TV Analog (TV Tabung) yang ingin beralih ke TV DIGITAL :

  • TV Analog / TV Tabung
  • Receiver STB BOX
  • Kabel RCA 3×3
  • Kabel TV RG6 / BNC
  • Antena Outdoor Support Digital.

Panduan Cara Cek Kualitas Signal Melalui aplikasi

sinyalTVdigital

 

 

  • Download aplikasi sinyal TV digital melalui playstore (Android) atau app store (iOS)
  • Jika proses download sudah selesai, pastikan fitur lokasi atau gps anda sudah aktif sebelum membuka aplikasi sinyalTVdigital.
  • Lalu buka aplikasi sinyalTVdigital.
  • Kemudian klik ikon bidik, ini berguna untuk mendeteksi lokasi anda sekarang melalui gps (pendeteksian secara akurat)
  • Setelah itu, anda akan melihat lembaga yang penyiaran MUX (multipleksing) yang dapat menjangkau daerah anda.
  • Contoh saja, wilayah anda sudah dapat dijangkau tvdigital oleh transmitter TVRI.
  • Klik “see mux detail” untuk melihat detail informasi terkait jenis layanan, operator mux, frekuensi serta channel dan lainnya.
  • Daerah anda akan mendapatkan sinyal kuat jika mendapatkan signal dengan indikator warna orange-merah, sedangkan hijau muda hijau tua kuning menandakan signal tv sedang, kemudian jika daerah anda menunjukkan indikator warna abu-abu atau biru muda menunjukkan singal lemah
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!

Stay Connected

1,400FansSuka
2PengikutMengikuti
7PelangganBerlangganan

Latest Articles