Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

Pengertian Filmora, Kelebihan, Kekurangan, Harga, dan Fiturnya

Apakah Anda berminat untuk menjadi video editor? Sudahkah Anda mengenal Filmora? Yuk simak pengertian, kelebihan, kekurangan, harga, dan fitur Filmora!
Ryan Snaadt - Foto : Unsplash
Ilustrasi Penggunaan Filmora – Ryan Snaadt – Foto : Unsplash

 

Filmora adalah salah satu perangkat lunak editing video terpopuler dan wajib untuk Anda kuasai jika ingin menjadi seorang video editor. Berdasarkan CompareCame yang membuat perangkat lunak ini sangat populer adalah beragam fitur canggih yang berguna untuk mengedit audio dan video.

Keunggulan lainnya adalah perangkat lunak editing video ini telah menawarkan dukungan pengeditan video 4K yang dapat Anda coba untuk menggunakannya. Sebagian besar orang dapat menggunakan software ini karena telah tersedia untuk Mac dan Windows.

Filmora sangat cocok bagi Anda dan para editor pemula, karena cara penggunaannya sangat mudah untuk Anda pelajari. Berdasarkan dari laman Wondershare Filmora, perangkat lunak ini telah digunakan oleh 77 juta pengguna di dunia.

Perangkat lunak ini tersedia dalam dua versi, yaitu FilmoraPro untuk pengguna yang lebih professional dan Filmora X untuk pemula.

 

Baca Juga : 5 Tips Mudah Buat Feed Instagram Keren Tanpa Skill

 

Kelebihan Filmora

Filmora memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya perangkat lunak editing video terpopuler, yaitu:

 

1. Mempunyai Fitur dan Tampilan Sesuai Kebutuhan

Filmora versi 8, ketika Anda membuka aplikasinya, akan muncul 4 pilihan ukuran rasio dan mode video sesuai kebutuhan Anda. Empat mode tersebut, yaitu Full Feature Mode, Instant Cutter Mode, Easy Mode, dan Action Cam Tool. Masing-masing mode tersebut mempunyai fitur dan tampilan yang berbeda sesuai namanya.

Sedangkan versi 9, Anda tidak akan menemukan 4 pilihan mode tersebut ketika membuka aplikasi. Anda hanya akan melihat 5 pilihan rasio video untuk Anda gunakan, pilihan project yang sudah Anda selesaikan, atau project baru.

 

2. Mempunyai Fitur dan Tampilan Sesuai Kebutuhan

Filmora mempunyai beragam tools dan tampilan yang sederhana, sehingga Anda lebih mudah dan leluasa saat mengedit video. Anda dapat melakukan kustomisasi timeline dan layar preview seuai kebutuhan Anda.

 

3. Ringan dan Tidak Mudah Crash

Aplikasi edit video ini dapat Anda operasikan pada perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah. Pastikan perangkat Anda sudah menggunakan OS Windows atau Mac. Anda dapat menggunakan aplikasi ini menggunakan laptop atau komputer dengan RAM 2 GB dan prosesor Intel Celeron.

Meskipun terkadang terjadi crash, namun tidak sampai membuat aplikasi tertutup secara otomatis atau force close dan masih bisa ditolerir. Hal ini dikarenakan spesifikasi aplikasi yang rendah. Sedangkan proses export video relatif sedikit lambat sesuai resolusi video yang dihasilkan.

 

4. Semua Fitur Bisa Anda Akses Secara Gratis

Kelebihan Filmora lainnya, yaitu Anda dapat menggunakan semua fitur secara gratis. Namun, akan terdapat watermark pada akhir video. Jika Anda ingin menghilangkan tanda tersebut, Anda harus membayar sejumlah ratusan rupiah sampai jutaan tergantung pilihan yang Anda inginkan. Tersedia opsi, individu, pelajar, dan bisnis.

Selain bisa menghilangkan watermark, versi berbayar juga bisa mendapatkan dukungan dari developer saat ada masalah, dan gratis update. Anda juga akan mendapatkan akses download Standard Library dengan unlimited pada situs Filstocks.

 

Baca Juga : 8 Aplikasi Edit Foto Online Gratis Untuk Konten Kreator

 

5. Tersedia Beragam Plugin Bawaan Keren dan Gratis

Filmora menyediakan beragam plugin bawaan yang keren. Tetapi, beberapa plugin harus Anda download terlebih dahulu sebelum memakainya.

Selain plugin bawaan, Anda juga dapat menambahkan koleksi dari situs Filstock yang sudah menyediakan beragam paket plugin menarik dan gratis. Mulai dari sampel musik, teks, video, audio efek, dan juga transisi.

 

6. Tersedia Paket Plugin Berbayar Harga Terjangkau

Jika membutuhkan koleksi plugin dalam jumlah banyak dan kualitas lebih keren, Anda dapat membelinya pada situs Filmstock dengan harga terjangkau. Namun, plugin gratis yang sudah tersedia di Filmstock juga sudah memiliki kualitas bagus untuk mengedit video.

 

7. Hasil Kualitas Video Sesuai Kebutuhan

Setelah proses edit video selesai, Anda dapat melakukan export video tersebut dalam beragam opsi yang tersedia di Filmora. Mulai dari mengatur format file, frame rate, resolusi video, dan bit rate. Anda juga dapat secara instan memilih jenis kualitas video sesuai media sosial atau perangkat yang Anda inginkan. Contohnya untuk konsol game, Youtube, ipod, smartphone, TV, Vimeo, dan smart TV.

 

8. Tersedia Beragam Tutorial Resmi Gratis

Anda bisa mendapatkan beragam tutorial editing video melalui channel resmi Filmora pada platform Youtube. Di channel tersebut tersedia cara menambahkan elemen atau transisi sampai tingkat yang tinggi seperti green screen dan colour grading. Selain itu, ada juga cara untuk menggunakan efek tertentu sebagai petunjuk Anda dalam menggunakan aplikasi ini.

 

Kekurangan Filmora

Selain mempunyai beberapa kelebihan, perangkat lunak editing video ini juga mempunyai 2 kekurangan, yaitu:

  • Jika Anda ingin menggunakan semua fitur harus membayar biaya tambahan
  • Efek terbaru hanya dapat diakses pada paket yang berbayar

 

Harga Filmora X

Meskipun perangkat lunak ini dapat Anda gunakan pada komputer berbasis Mac dan Windows, namun ada perbedaan harga yang ditawarkan. Berikut ini daftar harganya:

  • Mac: Subsription Plan untuk satu tahun seharga 44,9 dolar AS yang setara Rp 630.000,-. Tetapi, tersedia juga Perpetual Plan dengan harga 69,99 dolar AS yang setara Rp 980.000,-. Paket Perpetual Plan bisa Anda gunakan untuk mengakses software editing video ini tanpa batasan waktu atau selamanya.
  • Windows: Quarterly Plan dengan harga 15,99 dolar AS yang setara Rp 224.000,-. Sedangkan untuk Annual Plan ditawarkan seharga 39,99 dolar AS yang setara Rp 560.000,-.

 

Baca Juga : Cara Membuat Virtual Desktop Pada Windows 10

 

Fitur Menarik dari Filmora

Berdasarkan Twitgoo, Filmora sudah menyediakan fitur-fitur penting dan menarik yang selalu diperlukan oleh para video editor. Silahkan simak beragam fitur menariknya berikut ini:

  • Motion Tracking: fitur ini berfungsi untuk menambahkan elemen ke dalam objek bergerak secara lebih mudah.
  • Color Matching: fitur ini berguna untuk mencocokkan warna klip yang Anda pilih dengan frame dari klip lainnya.
  • Stabilization: fitur ini berfungsi untuk mempermudah Anda mengedit video serta menghasilkan video yang lebih stabil dan halus.
  • Color Grading: jika video yang Anda rekam hasilnya tidak begitu memuaskan, dengan menggunakan fitur ini Anda dapat memperbaikinya. Caranya dengan memberikan warna pada video menggunakan warna yang lebih baik.
  • Basic Feature: perangkat lunak ini juga mempunyai beberapa fitur dasar yang berfungsi untuk mengedit video. Fitur dasar tersebut seperti splitting, brightnes control, rotating, cropping, dan lain-lain.
  • Zooming and Panning: fitur ini dapat membuat tampilan panning dan zoom secara lebih mulus.
  • Keyframing: Anda bisa menyesuaikan animasi apa saja dengan cara menggabungkan keyframe untuk mengubah skala, rotasi klip, posisi, dan opasitas.
  • Audio Ducking: fitur ini berfungsi untuk menghilangkan background music agar suara dialog lebih jernih.
  • Picture ini Picture: fitur ini berguna untuk memberikan kesan futuristik di proyek yang Anda kerjakan.

 

Tertarik Untuk Menggunakan Filmora?

Nah, seperti itulah pengertian, kelebihan, kekurangan, harga, serta fitur-fitur menarik dari Filmora. Apakah Anda semakin tertarik untuk menggunakannya? Pastinya aplikasi ini akan sangat membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda secara cepat dan mudah.

 

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

1 komentar untuk “Pengertian Filmora, Kelebihan, Kekurangan, Harga, dan Fiturnya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.