Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang
Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Saat ini ada banyak cara untuk mengatasi laptop lemot tanpa diinstal ulang. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika mengalami  masalah pada laptop Anda yang performa kinerjanya tidak bisa gesit, karena pada penjelasan berikut akan membantu Anda cara untuk mengatasinya.

Pada laptop yang lemot ada berbagai penyebabnya, salah satunya adalah karena kondisi laptop tersebut sudah tidak bisa mumpuni dalam kinerjanya atau bisa jadi karena adanya virus dan terinfeksi oleh malware. Mungkin biasanya Anda menggunakan cara instan yaitu dengan menginstal ulang, namun masih terdapat cara lain berikut informasinya.

 

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Baca Juga : Tips Cara Membuat QR Code Mudah dan Gratis

 

Tips Mengatasi Laptop Tanpa Install Ulang

 

Seringkali saat laptop dalam  kinerjanya  tidak bekerja secara optimal dan gesit pasti hal tersebut sangat mengganggu aktifitas Anda, dan untuk mempersingkat waktu Anda pasti melakukan cara yang instan yaitu dengan menginstall ulang program didalamnya.

Namun selain itu masih banyak terdapat banyak cara yang bisa memulihkan laptop Anda dari kinerjanya yang lemot. Berikut adalah daftar cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang. Simak penjelasan berikut ini.

 

1. Menambah Kapasitas RAM

 

Pada saat ini penggunaan Laptop dengan dukungan sistem windows 10 harus sudah wajib menggunakan atau memakai Ram 4 GB ke atas, jika pada laptop Anda masih dusukung kapasitas Ram 2 GB maka pasti penggunaan akan terasa kurang nyaman dan kinerjanya pasti akan lemot. Karena pada sistem oprerasi windows 10 banyak sekali service yang running atau bekerja di latar belakang layar.

Selain itu Anda bisa melakukan delete atau menghapus pada aplikasi yang tidak terpakai dan tidak digunakan lagi, dengan cara klik Ctrl+Alt+Delete. Setelah itu masuk pada Task Manager dengan pilih Tab Process. Dan Anda bisa memilah – milah satu persatu aplikasi yang sudah tidak penting dan tidak dibutuhkan lagi, lalu Anda bisa mematikan prosesnya. Tetapi masih ada beberapa service yang harus tetap berjalan sebagaimana programnya dan Anda tidak perlu mematikan atau tidak menghapus aplikasi tersebut.

 

2. Hindari Penggunaan Antivirus Lebih Dari Satu

 

Selanjutnya untuk mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang adalah dengan cara menghindari penggunaan antivirus yang lebih dari satu, biasanya para pengguna laptop memasang atau menginstall dua atau lebih antivirus pada laptop mereka yang ditujukan untuk menambah kinerja dari Antivirus tersebut.

Sebenarnya dalam menggunakan antivirus yang lebih dari satu tidak disarankan karena, disamping secara fungsi tidak bisa bekerja secara optimal, disisi lain antivirus yang double akan memakan resource RAM dan prosesor yang cukup banyak. Jadi jika penggunaan antivirus yang lebih dari satu bisa dianggap tidak berguna.

 

3. Melakukan Pembersihan Pada Virus dan Malware

 

Seringkali pada laptop yang Anda gunakan sehari – hari terutama jika digunakan untuk umum dalam pemindahan file lewat USB atau sebagainya akan menimbulkan virus dan malware yang akan menginfeksi sistem pada laptop. Jadi akan membutuhkan perhatian khusus pada laptop ketika seseorang sering melakukan copy file dari luar, laptop akan lemot jika sudah terinfeksi virus dan malware.

Maka dari itu selain cara menginstall ulang adalah dengan melakukan scanning menyeluruh pada drive C menggunakan antivirus yang benar – benar terbaru dan teruptodate. Setelah itu file system pada drive C yang sudah bersih , Anda bisa melakukan scanning pada penyimpanan drive lain sampai benar – benar tidak terdapat virus yang tersisa.

 

Baca Juga : Tips & Trik Tweak Audio Soundcard Windows 10/8/7

Baca Juga : Trik Anti DC (Diskonek) Indihome Modem ZTE F609 V3

 

4. Hindari Membuka Tab Browser Terlalu Banyak

 

Hal tersebut merupakan salah satu hal yang sepele dan seringkali diremehkan oleh pengguna Laptop, namun janganlah Anda mengabaikan hal tersebut. Untuk itu Anda harus memperhatikan saat membuka tab browser yang banyak terutama pada Chrome, karena akan terjadi lonjakan usage RAM yang tinggi pada task Manager.

Sangat tidak disarankan saat melakukan pekerjaan sambil membuka banyak tab browser yang terlalu banyak, yang akan menyebabkan lemot karena kapasitas RAM akan termakan habis, kecuali pada laptop yang berkapasitas RAM yang tinggi dengan 8 GB ketas.

 

5. Mengurangi Aplikasi Yang Berjalan Di Menu Start Up Msconfig

 

Langkah selanjutnya untuk mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang dengan cara menghilangkan atau mengurangi aplikasi yang berjalan secara otomatis saat laptop dinyalakan melalui menu start up yang terdapat di msconfig atau System Configuration.

Cara masuk pada msconfig dengan cara menekan tombol windows + R, Kemudian tulis msconfig dan tekan enter. Lalu pada opsi start up terdapat daftar aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika laptop Anda dinyalakan. Nah untuk menghilangkan Anda bisa klik centang pada aplikasi yang tidak Ada inginkan berjalan secara otomatis.

 

6. Dengan Mengatur Mode High Performance

 

Terkadang jika laptop yang Anda gunakan berjalan lambat atau lemot, Anda pasti mencolokkan charger dan seketika tiba – tiba langsung kembali pulih bukan, nah begitulah fungsi dari penggunaan mode high – performance pada baterai laptop Anda.

Pada mode tersebut secara default akan otomatis aktif saat Anda melakukan charging pada laptop Anda. Artinya arus listrik yang masuk saat laptop dicharger akan membantu laptop yang lemot akan kembali bekerja secara optimal lagi.

Selain itu masih terdapat cara lain, yaitu dengan arahkan kursor pada icon battery yang secara default berada di pojok kanan bawah , kemudian tekan pada high performance pada pilihan menu power plan.

Terdapat langkah lain dengan melalui control panel, lalu pilih hardware and sound kemudian  power option lalu change battery setting dan terakhir pilih high performance. Mode tersebut bisa dikostumisasikan tergantung kebutuhan Anda, seperti kapan dapat menonaktifkan harddisk, slideshow pada tampilan desktop, dll.

 

7. Dengan Menggunakan Aplikasi Tune-Up

 

Cara lainnya untuk mengatasi laptop lemot tanpa Instal ulang adalah dengan menggunakan atau menginstal aplikasi aplikasi Tune up. Pada aplikasi tersebut bisa menjalankan bebrapa fungsi misalnya, dapat menghapus file duplikat atau file yang sudah tidak dipakai lagi hingga melakukan defragmentasi harddisk.

Pada aplikasi Tune – Up ini sudah terpercaya dan memiliki banyak rating yang bagus, maka dari itu hindari penggunaan aplikasi yang gratis dan bisa membuat kinerja laptop menjadi cepat tetapi terdapat malware yang membahayakan laptop Anda.

 

Baca Juga : 8 Aplikasi Edit Foto Online Gratis Untuk Content Creator

 

Kesimpulan

 

Demikian cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang, jadi Anda masih bisa menggunakan beberapa cara lainnya tanpa harus menginstal ulang laptop Anda. Semoga beberapa cara dan langkah – langkah diatas dapat membantu Anda dalam mengatasi kinerja laptop Anda yang tidak gesit atau lemot, karena dengan kinerja laptop yang lemot akan mengganggu aktifitas Anda menjadi tidak optimal. Terima kasih selamat membaca.

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.