Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

Cara Setting Profil dan Koneksi VPN di Windows 10

Cyber security concept. Shield With Keyhole icon on digital data background. Illustrates cyber data security or information privacy idea. Blue abstract hi speed internet technology.

 

CATANFA.com/Tutorial Windows – VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. VPN adalah bagian dari sebuah teknologi jaringan. Sebuah VPN akan bisa digunakan dengan bantuan akses internet. Jaringan VPN sering digunakan untuk mengamankan lalu lintas jaringan pengguna secara private untuk keperluan akses internet. Tak hanya itu, juga sering digunakan untuk oleh IT-SysAdmin untuk mengakses data pada server internal atau perangkat jaringan kantor mereka seperti router, switch, cctv, access point dll melalui jaringan internet publik.

Untuk jaringan VPN Private (Milik Sendiri) bisa dibilang akses ini aman untuk akses internet karena pada jaringan VPN Private (perusahaan) dapat dimonitoring oleh IT SysAdmin atau IT Networking Support yang sudah terjamin. Namun belum dipastikan jaringan VPN aman. Oleh karena itu tidak direkomendasikan mengakses situs perbankan dan situs finance lainnya menggunakan jaringan VPN.

Terutama VPN Gratisan karena pada jaringan VPN Gratisan terdapat banyak user yang tidak diketahui asal usulnya dan banyak kelemahan dari sisi keamanan jaringan jika IT Network Engineer tidak melakukan skema firewall yang paling oke. Oleh karena itu VPN Gratisan sangatlah berbahaya untuk digunakan untuk akses internet, yang ada data anda akan terkena hack (contohnya hack dengan metode Man In The Midle). Oleh karena itu kami ingatkan kembali tidak disarankan menggunakan jaringan VPN untuk segala aktifitas transaksi jual beli, transaksi, perbankan dan jenis ekonomi lainnya.

Tak Hanya untuk mempercepat jaringan yang bermasalah, terkadang ada juga user yang nakal untuk membuka aplikasi atau sebuah situs yang terlarang melalui akses vpn ini.

Meskipun begitu kami tetap membahas cara tutorial setting akun VPN Client untuk semua Protokol VPN seperti L2TP, PPTP, SSTP, IKEv2 di Windows 10. Karena VPN sungguh penting bagi seorang IT Networking Engineer, IT Support, IT SysAdmin untuk melakukan pekerjaannya seperti untuk meremote device pada jaringan internal mereka atau mengamankan jalur koneksi internet internal yang mereka gunakan.

Berikut cara setting profil akun VPN L2TP dan Sejenisnya di Windows  10 :

 

Cara Buat Profil dan Setting Akun VPN di Windows 10 :

Sebelum menyambungkan ke vpn, anda perlu membuat profil akun vpn di windows 10. Tanpa profil anda tidak dapat menyambungkan ke akses vpn anda. Dan pastikan anda sudah memiliki akun VPN dari sebuah layanan VPN.

Berikut cara membuat profil akun VPN di Windows 10 :

  1. Langkah pertama, anda perlu mengakses ke setting pengaturan dengan cara tekan Start Menu (Windows Logo) pojok kiri bawah taskbar > Settings.
  2. Setelah masuk ke Settings (Pengaturan), anda perlu mengakses Network & Internet > VPN
  3. Pada menu VPN buat profil VPN dengan mengklik ‘Add a VPN Connection’
  4. Kemudian akan muncul sebuah PopUp form, maka pilih, isi pada form tersebut dan sesuaikan dengan akun VPN yang sudah anda miliki, Jika sudah anda dapat menyimpannya dengan cara SAVE
      • Untuk penyedia VPN pilih Windows (bawaan)
      • Kotak Nama Koneksi ‘merupakan identitas untuk setiap profil VPN contoh VPNsaya.
      • Kotak Nama atau Alamat Server, Masukkan alamat ip VPN server atau domain dari VPN server anda.
      • Jenis VPN, sesuaikan dengan jenis VPN yang sudah anda miliki dari perusahaan yang menyediakan layanan VPN tersebut.
      • Kemudian isikan dengan Username dan Password untuk jenis informasi masuk.
      • Pilih Simpan.

Jika sudah tersimpan anda dapat mengaktifkannya vpn tersebut sesuai profil vpn.

 

Cara Aktifkan Profil dan Menyambungkan Koneksi VPN :

 

  1. Arahkan mouse anda pada pojok kanan bawah taskbar windows 10, Cari dan Klik ikon Wifi dan Jaringan
  2. Pilih koneksi profil  VPN yang anda inginkan dan sudah anda buat sebelumnya.
    • Pilih Sambungkan dan anda akan melihat sebuah notifikasi VPN tersembung atau Connected yang artinya koneksi anda sudah tersambung.

 

Penutup 

Usai sudah ulasan Cara Buat Profil dan Setting Akun VPN di Windows 10, Semoga dapat digunakan secara bijak dalam penggunaannya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.