Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

Bingung AMD A9 Setara Intel Apa? Ini Perbandingannya!

AMD A9 setara intel apa banyak ditanya konsumen awam. Karena AMD cukup banyak jadi pilihan produsen notebook kelas menengah yang beredar di Indonesia

Pexels

Pengguna Intel mungkin bingung seri AMD A9 setara dengan intel apa? Wajar saja, popularitas brand AMD di kalangan mainstream masih berada dibawah keluarga Intel. Terbukti dari survey bertajuk “Steam Hardware & Software Survey” yang dirilis platform distribusi game, STEAM, setiap bulannya.

Posisi Intel yang lebih banyak (73,6%) dipilih pengguna, menjadikannya sebagai acuan kualitas dan harga keluaran brand lain. Termasuk perbandingan AMD A9 setara dengan intel apa yang muncul belakangan. Topik ini cukup banyak dibahas setelah berbagai laptop seri mid-end di pasaran memilih AMD A9 dari pada intel sebagai pilihan processor mereka.

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Baca Juga : Cara Membuat Virtual Desktop Pada Windows 10

Baca Juga : Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

 

Perbandingan Jelas AMD A9 Setara Intel Apa?

Menjawab secara tepat AMD A9 setara intel apa tentu tidak hanya dilihat tahun peluncuran atau nomor serinya saja. Ada banyak aspek teknis yang jadi sumber informasi. Ayo kita bahas masing-masing aspeknya!

1. Infrastruktur Perangkat

 

Pexels

Dikutip dari laman resmi website AMD (amd.com), saat ini terdapat dua seri AMD A9 yang beredar, yaitu seri A9-9420 dan A9-9410. Keduanya dikembangkan untuk piranti komputer jinjing (laptop). Dengan infrastruktur utama 2 unit pemroses inti (CPU) dan 3 unit pemroses grafis (GPU).

Dengan infrastruktur tersebut AMD A9 punya rentang clock speed antara 3.0-3.6 GHz dan menjadi prosesor dengan inti ganda tercepat saat tahun peluncurannya 2016 lalu. Jadi dari sisi infrastruktur, seri AMD A9 setara intel apa? Perbandingan tepat ada di seri Intel i3 pada generasi awal.

Dilihat dari dokumentasi resmi milik intel di laman ark.intel.com, komparasi yang sepadan bisa ditemukan pada seri Core i3 yang rilis pada tahun yang sama dengan perilisan AMD A9. Terdapat lebih dari 10 seri yang dirilis Intel pada tahun tersebut. Lalu, secara spesifik AMD A9 setara intel apa? Ayo kita lanjut perbandingannya di sisi dukungan sistem operasi.

2. Dukungan Sistem Operasi

 

Pexels

Seluruh seri AMD A9 yang beredar di pasaran sejak tahun perilisan mendukung sistem operasi 64-bit. Linux dan Windows menjadi beberapa sistem operasi yang didukung dengan baik oleh seri AMD A9. Penerapan sistem 64-bit membuat perangkat bisa menggunakan RAM lebih dari 4 GB. Kapasitas RAM yang lebih besar mendukung performa yang lebih baik.

Perangkat yang terbatas dengan sistem operasi 32-bit tidak bisa menjalankan sistem operasi 64-bit. Sehingga RAM perangkatnya terbatas maksimal 4GB.

Dilihat dari sistem operasi yang didukung, belum dapat disimpulkan AMD A9 setara intel apa secara spesifik. Di tahun perilisannya, rata-rata prosesor sudah mendukung sistem operasi 64-bit dengan optimal. Hanya kelas prosesor menengah ke bawah saja yang masih terbatas produknya pada sistem operasi 32-bit.

 

Baca Juga : Trik Anti DC (Diskonek) Indihome Modem ZTE F609 V3

 

3. Performa Perangkat

 

Pexels

Dengan performa clock speed yang mencapai 3.6Hz, piranti ini memiliki performa dasar yang cukup baik. Performa clock speed ini menggambarkan jumlah pekerjaan komputasi yang bisa dilakukan prosesor. Semakin besar nilainya, semakin banyak jumlah pekerjaan yang bisa dilakukan.

Kalau begitu, dari sisi performa AMD A9 setara intel apa? Performanya sebanding dengan deretan atas keluarga Intel Core i3 generasi ke-6. Seri Intel Core i3 generasi ke-6 juga dikeluarkan pada tahun yang sama (2016) oleh kubu lawan.

Walaupun serupa dalam segi performa umum, AMD A9 sedikit lebih unggul dalam keperluan multi tasking. Dibanding kompetitor birunya, seri AMD A9-9420 dan A9-9410 bisa memproses 2 kali lebih banyak jumlah pekerjaan dalam waktu serentak. Perbandingan ini ditempatkan terhadap rata-rata seri Intel Core i3 keluaran tahun 2016 lalu.

Sebagai konsekuensinya, jumlah penanganan pekerjaan komputasi secara serentak dapat berdampak pada konsumsi daya yang lebih tinggi. Peningkatan suhu unit prosesor juga jadi resiko lain. Sehingga kebanyakan unit prosesor kelas menengah membagi pekerjaan grafis dengan komputasi utama ke dalam unit terpisah.

 

Baca Juga : 5 Tips Mudah Buat Feed Instagram Keren Tanpa Skill

 

4. Kartu Grafis

 

Pexels

Seri AMD A9 mengusung model kartu grafis AMD Radheon R5 Graphic. Kartu grafis model ini bisa mencapai performa kerja hingga 800 MHz. Dengan arsitektur GCN 2.0, pekerjaan grafis didukung DirectX 12.0, Mantle, OpenGL dan OpenCL dari sisi perangkat lunak.

Dalam menghubungkan kinerja dengan unit prosesor inti, model ini mendukung standar HSA 1.0 yang sangat efisien. Lalu dari performa kartu grafis, apakah bisa diketahui seri AMD A9 setara intel apa?

Sejauh ini seri AMD A9-9420 bisa dikatakan serupa dengan seri Core i3 6006U. Seri yang dirilis kompetitor ternyata punya kartu grafis yang sedikit lebih baik. Pesaing birunya ini mampu mencapai frekuensi tertinggi 900 Mhz.

Untuk lebih meyakinkan, masih ada faktor pembanding yang bisa menjadi pertimbangan AMD A9 setara intel apa. Jawabannya akan semakin jelas setelah mengetahui besar penggunaan daya dan harga pasar kedua seri ini.

 

Baca Juga : 8 Aplikasi Edit Foto Online Gratis Untuk Content Creator

 

5. Penggunaan Daya

 

Pexels

 

Seri AMD A9 memiliki tetapan TDP (Thermal Design Power) sebesar 15W. Dalam tetapan lebih lanjut bisa diatur antara 10-25W. Menjadi pilihan prosesor yang sangat baik untuk perangkat notebook tipis dan ringan. Karena punya kemampuan pendinginan yang sangat baik.

Pada seri yang sudah disebut-sebut sebagai jawaban AMD A9 setera intel apa – seri Intel i3 6006U juga memiliki spesifikasi TDP standar yang sama. Dengan ukuran semikonduktor yang lebih kecil, seri intel bekerja dengan lebih baik.

Semikonduktor kecil membantu konsumsi daya menjadi lebih rendah. Faktor bentuknya yang lebih kecil juga memungkinkan lebih banyak transistor dapat dipasang dalam sebuah unit. Kinerja yang dihasilkan unit tersebut akan semakin baik.

 

Baca Juga : 6 Ciri-Ciri Nomor Whatsapp Diblokir Pengguna Lain

 

6. Harga Perangkat di Pasaran Umum

 

Pexels

Piranti prosesor AMD A9-9420 dan AMD A9-9410 beredar di pasar pengguna komputer dengan kisaran harga 2,3 juta. Prosesor yang cukup terjangkau dengan performa dan kualitasnya yang baik. Sedikit lebih murah dibandingkan dengan seri Intel pada spesifikasi umum yang serupa.

Tetapi harga tersebut dapat berbeda dalam paket bundling notebook. Jika produk AMD A9 jadi pilihan brand notebook sebagai piranti prosesor, harga menjadi bervariasi sesuai dengan kombinasi perangkat pendukung lainnya.

 

BACA JUGA :  Urutan Procesor Intel Laptop Terbaik

 

Jadi, AMD A9 setara intel apa?

Ditinjau dari banyak aspek jawaban dari pertanyaan seri AMD A9 setara intel apa? Seri Intel terdekat yang memiliki spesifikasi dan performa adalah Intel i3 6006U. Namun kedua seri ini tetap tidaklah sama secara mutlak. Keduanya punya sisi keunggulan dan kekurangan masing-masing.

 

Pexels

Dalam pertarungan piranti pemroses data seri ini, AMD A9 unggul dalam 3 aspek sekaligus. Produsen prosesor yang berbasis di California ini menonjol dalam infrastruktur perangkat, performa over-clock, dan juga jangkauan harga pasar. Saat ini ada dua seri yang beredar dengan keunggulan ini. Keduanya adalah AMD A9-9410 dan A9-9420.

Baca Juga : 5 Tips Mengamankan Akun Instagram

Sementara dalam sisi performa kartu grafis dan penggunaan daya, intel i3 6006U sedikit lebih baik. Diimbangi dengan harga pasar yang lebih tinggi pada seri ini. Menjadi pilihan investasi perangkat yang lebih besar di awal. Pengguna bisa menghemat anggaran dalam spesifikasi kartu grafis dan penggunaan daya di jangka panjang.

Kalau menurut kawan, AMD A9 setara intel apa? Apa setuju dengan Intel Core i3 6006U sebagai tandingan yang sepadan? Berikan tanggapannya di kolom komentar ya.

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.