Mengetahui IMEI Smartphone Xiaomi Indonesia menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui tingkat keaslian dari perangkat yang Anda miliki. Berikut cara-cara mengetahuinya.. Baca Selengkapnya

Mengetahui cara cek IMEI Xiaomi Indonesia menjadi hal yang sangat penting untuk mengecek tentang keaslian dari perangkat yang Anda miliki. Sebab untuk perangkat-perangkat atau gawai yang resmi dan juga asli biasanya dibekali dengan kode nomor IMEI yang sifatnya khusus dan tidak ada lebih dari satu gawai yang memiliki kode IMEI serupa.

Mengingat cukup pentingnya fungsi dari kode IMEI perangkat ini, tidak mengherankan apabila banyak orang yang berupaya untuk bisa mengetahui kode-kode IMEI dari perangkat yang dimilkinya tersebut untuk memastikan bahwa ponsel yang dimiliki merupakan perangkat yang legal dan juga resmi di Indonesia.

 

Pengertian IMEI Ponsel Yang Perlu Anda Ketahui

 

Secara sederhana, IMEI adalah International Mobile Equipment Identity serangkaian nomor kode unik yang terdiri dari 15 kode dan dapat digunakan sebagai identitas dari sebuah perangkat telekomunikasi semisal ponsel, tablet, dan berbagai perangkat elektronik lainnya. IMEI merupakan serangkaian kode yang sangat unik dan juga khusus sehingga tidak ada perangkat berbeda yang mempunyai kode IMEI serupa.

Salah satu fungsi utama dari kode IMEI adalah digunakan untuk melakukan identifikasi terhadap tingkat keaslian dari perangkat elektronik yang beredar di pasaran. Selain itu, IMEI juga bisa digunakan sebagai sarana untuk melacak keberadaan sebuah perangkat yang hilang atau tercuri.

Mengingat bahwa fungsi kode IMEI ini sangatlah penting, maka sudah sewajarnya bila Anda mengetahui cara untuk mengecek kode IMEI dari perangkat elektronik yang Anda miliki. Termasuk untuk ponsel merek Xiaomi yang kini banyak beredar di pasaran Indonesia.

Untuk mengecek kode IMEI pada ponsel Xiaomi dan perangkat-perangkat lain sebetulnya relatif cukup mudah. Namun sayangnya mungkin masih banyak yang belum tahu secara mendetail mengenai cara cek IMEI Xiaomi Indonesia.

Lantas seperti apa cara cek imei ponsel xiaomi dengan mudah?

 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Pop Up Iklan Di Android

 

Berikut Cara Cek IMEI Xiaomi Indonesia Dengan Mudah

Cara mengecek kode IMEI pada ponsel merk Xiaomi dan ataupun perangkat Android lain sebenarnya sangatlah mudah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek kode IMEI pada perangkat Xiaomi yang perlu Anda ketahui.

 

1. Mengecek Kode IMEI Ponsel Xiaomi Melalui Dusbook Saat Pembelian

 

Cara mengecek kode IMEI pada ponsel Xiaomi yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek lewat dusbook yang Anda dapatkan pada saat pembelian ponsel Xiaomi. Pada barang-barang elektronik yang resmi – termasuk produk ponsel seperti Xiaomi dan lain sebagainya – biasanya akan mencantumkan kode IMEI pada dusbook penjualan produk.

Kode IMEI tersebut umumnya berada dibagian luar kemasan dusbook penjualan. Anda hanya perlu mencari serangkaian kode yang tertera pada belakang dusbook pembelian untuk mengecek kode IMEI yang dimiliki oleh perangkat ponsel Xiaomi tersebut.

 

Baca Juga : 7 Fungsi Tersembunyi USB OTG Android

 

2. Cara Cek IMEI Xiaomi Indonesia Melalui Kode Dialing

 

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk cek IMEI Xiaomi Indonesia adalah dengan memanfaatkan kode dialing khusus yang bisa dilakukan lewat menu panggilan pada ponsel pintar Anda.

Selain mudah digunakan, cara ini bahkan bisa digunakan pada hampir semua jenis merk ponsel Android mulai dari Samsung, LG, Asus, dan bahkan juga untuk perangkat ponsel dengan merk Xiaomi.

Untuk melakukan pengecekan kode IMEI dengan menggunakan fitur dial up ini, caranya pun relatif sangat mudah. Anda hanya perlu membuka menu panggilan dari ponsel Xiaomi yang Anda miliki dan kemudian silakan tekan kode berupa *#06# lalu tekan “Panggil” atau “Call” sesuai dengan pengaturan yang ada di ponsel Xiaomi Anda.

Jika sudah, silakan Anda bisa menunggu beberapa saat. Tak lama kemudian, ponsel pintar yang Anda miliki pun akan menampilkan serangkaian kode IMEI yang dimiliki oleh perangkat tersebut.

 

Baca Juga : Perbedaan Iphone HDC Dan Original, Berikut Perbedaanya

 

3. Cara Mengecek IMEI Ponsel Xiaomi Melalui Menu Settings

 

Xiaomi 4

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengecek kode IMEI ponsel Xiaomi yang Anda miliki adalah lewat menu Settings atau menu Pengaturan. Cara pengecekannya pun terbilang cukup simpel dan sederhana. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa digunakan untuk mengecek kode IMEI ponsel Xiaomi lewat menu pengaturan.

  • Langkah pertama silakan Anda bisa membuka ponsel pintar Xiaomi yang Anda miliki. Kemudian silakan buka menu Settings atau Pengaturan yang ada di ponsel tersebut.
  • Setelah menu Settings atau Pengaturan tersebut berhasil terbuka, silakan Anda bisa memilih pada bagian menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Jika Anda sudah tap pada bagian menu tersebut, maka akan muncul sejumlah informasi penting terkait dengan data ponsel yang Anda miliki. Silakan Anda bisa mencari pada bagian IMEI untuk mengecek kode IMEI perangkat tersebut.
  • Sebagai informasi tambahan, kalau perangkat yang Anda miliki tersebut mempunyai dua slot simcard maka perangkat tersebut juga akan menampilkan dua kode IMEI yang berbeda untuk masing-masing simcard yang terpasang pada perangkat yang Anda miliki tersebut.

Dengan memanfaatkan beberapa cara mudah lewat menu Settings tersebut, kini Anda sudah mengetahui cara cek IMEI Xiaomi Indonesia dengan mudah dan praktis lewat menu pengaturan di ponsel pintar Anda.

 

Baca Juga : 5 Tips Mengamankan Akun Instagram

 

Selain beberapa cara yang telah disebutkan di atas, sebenarnya ada juga cara mengecek nomor IMEI ponsel Xiaomi yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun hal ini mungkin saja tidak berlaku pada semua jenis ponsel karena bergantung pada masing-masing jenis ponsel yang Anda miliki.

 

4. Cara Mengecek Nomor IMEI Xiaomi Melalui Bodi Ponsel

 

Xiaomi 5

 

Cara cek nomor kode IMEI yang berikutnya perlu diketahui yakni dengan melakukan pengecekan melalui bagian belakang bodi ponsel. Pada umumnya, semua ponsel pintar salah satunya merk Xiaomi memiliki cetakan stiker dibagian belakang ponsel tersebut yang memuat nomor kode IMEI perangkat. Maka dari itu, kalian cukup mengecek pada bagian belakang bodi ponsel dan mengecek di bagian sisi bawah atau tengah untuk melihat kode IMEI ponsel tersebut.

Tak semua merk ponsel memiliki stiker pada bagian bodi belakang, contohnya iPhone kode IMEI tidak tercetak pada sebuah stiker namun langsung tercetak pada bagian bodi ponsel sehingga kalian perlu cermat dalam mengeceknya.

Cara yang satu ini terbilang relatif cukup mudah karena kalian tidak perlu menyalakan atau membuka menu-menu lainnya yang ada di ponsel tersebut. Hanya dengan melakukan pengecekan pada bagian belakang bodi ponsel, sudah bisa mengetahui nomor IMEI perangkat Xiaomi.

Jika sudah mengetahui kode nomor IMEI ponsel Xiaomi, kalian pun bisa mencocokkan nomor IMEI tersebut dengan dusbook, lewat menu pengaturan, dan ataupun dial up. Perangkat elektronik yang asli, resmi, dan juga legal akan memiliki nomor seri kode IMEI yang sama baik itu pada perangkat ataupun juga pada bagian dus book pembelian.

 

Itulah beberapa cara cek IMEI ponsel Xiaomi Indonesia yang perlu untuk Anda ketahui. Kini berbekal dengan menggunakan beberapa cara mudah yang telah disebutkan di atas, Anda pun bisa mengetahui cara pengecekan kode-kode nomor IMEI untuk perangkat ponsel pintar merk Xiaomi yang kalian gunakan.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tentang Penulis

admin

admin

Tinggalkan Komentar