Ilustrasi Instagram – Photo by Webster2703 on Pixabay

5 Tips Mengamankan Akun Instagram

 

Instagram menjadi salah satu platform media sosial popular di Indonesia selain facebook, whatsapp. Meski platform ini sudah besar dan keamanan sudah cukup baik. Sayangnya hal-hal yang tidak diinginkan seperti akun dibajak masih sangat mungkin terjadi.

Ketika akun IG dibajak, salah satu kegiatan yang sering digunakan pembajak adalah meminta sejumlah uang kepada teman-teman korban. Bahkan bisa lebih dari itu seperti membuat artikel tentang ujar kebencian, ras, agama dan lain-lain. Kegiatan tersebut sangat merugikan bagi pengguna baik itu pengguna biasa maupun pengguna IG Bisnis.

  1. Validasi Email Akun IG Anda

Hal yang satu ini sangat penting untuk anda lakukan segera. Dengan memvalidasi email, meminimalisir akun anda dibajak orang. Sebab Sistem IG akan mendeteksi dan mengirim notifikasi melalui email pengguna yang sudah tervalidasi ketika ada kegiatan yang aneh dan mencurigakan pada akunnya. Sehingga perlu anda validasi email tersebut.

 

  1. Cek Identitas Pengirim Pesan Email

Ketika anda menerima email, anda perlu cek identitasnya seperti alamat emailnya, bisa dilihat dari sisi domain email tersebut. Dan ketika anda menerima email berupa pesan didalam pesan tersebut terdapat link url, anda perlu hati-hati dan cek kembali. Sebab jika anda tidak hati-hati, anda akan terjebak pada sebuah link url phising. Dan url phising ini sangat berbahaya bisa bisa akun anda dibajak, anda akan kesulitan mendeteksi situs original atau fake. Diperlukan anda cek dengan cermat ketika menerima pesan.

 

Baca Juga : Aplikasi Cek Keaslian Foto Dan Video

 

  1. Aktifkan Fitur Autentifikasi Dua Faktor

Fitur ini sudah terdapat pada system Instagram. Fitur ini merupakan lapisan ke 2 keamanan akun anda. Fitur ini akan mengirimkan kode unik ke nomor ponsel ketika akun anda login disuatu perangkat.

 

BACA JUGA : 8 Aplikasi Foto Edit Online Gratis Cocok Untuk Konten Kreator

 

  1. Instagram Tidak Pernah Menghubungi Pesan Melalui Direct Message

Tentunya Pihak Instagram tidak akan menghubungi pesan melalui Direct Message, baik itu promosi, penawaran, ataupun kegiatan melalui Direct Message. Semua informasi akan disampaikan melalui email.

 

Baca Juga : 7 Fungsi Tersembunyi OTG Android

 

  1. Hati-Hati saat menerima Direct Message berupa link URL

Perlu diingatkan kembali dan hati-hati ketika menerima link url di direct message Instagram. Hati-hati pesan berupa link url. Hati-Hati link Phising. Sangat bahaya bagi akun anda. Sebab akun anda akan dibajak oleh orang.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tentang Penulis

admin

admin

Tinggalkan Komentar