Selain bisa menjelajahi Google Chrome dengan tema biasa, kini Anda bisa menggunakan Google Chrome dengan tema dark mode, yang membuat tampilan monitor menjadi lebih gelap.

 

CATANFA.com/TipsTrik – Dark mode atau yang lebih dikenal dengan mode malam, merupakan fitur yang menampilkan layar monitor menjadi lebih gelap. Ada banyak aplikasi yang menampilkan tema ini. Tak terkecuali dengan Google Chrome yang menghadirkan Dark Mode Chrome PC, sebagai fitur terbarunya.

Bagi pengguna Google Chrome, yang seringkali menghabiskan sebagian waktunya di layar monitor. Tentunya dengan cahaya yang terlalu terang, membuat mata akan mudah merasa lelah. Bukan tak mungkin, cahaya terang ini akan membuat mata mengalami sedikit gangguan. Dari mulai iritasi ringan, bahkan mata minus.

Namun dengan adanya Dark Mode Chrome PC ini, setidaknya bisa membantu para pengguna Google Chrome, dalam menampilkan monitor dengan cahaya yang tidak terlalu terang. Bahkan sedikit lebih gelap. Hal ini tentunya, bisa meminimalisir resiko gangguan pada mata, yang diakibatkan oleh efek cahaya yang berasal dari monitor.

 

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Baca Juga : Cara Menghilangkan Pop Up Iklan Di Android

 

Cara Update Google Chrome, Untuk Mengaktifkan Dark Mode Chrome PC

Meskipun memang, fitur Dark Mode Chrome PC ini khusus diperkenalkan pada penggunaan Google Chrome. Namun untuk menggunakan fitur ini, Anda harus mengupdate Google Chrome terlebih dahulu. Adapun caranya seperti di bawah ini. Diantaranya :

  • Membukan aplikasi Google Chrome.
  • Pilih menu utama yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih menu help, kemudian klik menu tersebut.
  • Setelah menu tersebut Anda klik, selanjutnya Anda bisa mencari menu about Google Chrome, kemudian klik menu tersebut.
  • Selanjutnya dalam tampilan Google Chrome tersebut, Anda akan melihat beberapa tampilan opsi update. Pilih salah satu opsi tersebut, kemudian klik.
  • Tunggu beberapa saat, hingga Google Chrome selesai di update.

Setelah mengupdate Google Chrome tersebut, sebenarnya hal itu bukanlah langkah akhir. Karena setelah Google Chrome selesai diupdate, Anda diharuskan melakukan beberapa langkah agar fitur Dark Mode Chrome PC bisa segera ditampilkan pada monitor PC Anda. Bagaimana caranya ? Anda bisa menyimak panduannya, dalam pembahasaan selanjutnya.

Baca Juga : Cara Menghapus History Google Drive yang Bisa Anda Lakukan, Mudah dan Cepat

 

Ini Dia Cara Mengaktifkan Dark Mode Chrome PC

Setelah mengupdate Google Chrome yang ada di PC Anda, maka selanjutnya Anda bisa melakukan pengaktifan fitur Dark Mode Chrome PC ini. Adapun caranya yaitu sebagai berikut,

1.Membuka Google Chrome

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuka Google Chrome. Namun hal ini tetap tak bisa Anda lakukan, jika Google Chrome tersebut belum Anda update sebelumnya. Karena mungkin Anda tidak akan menemukan menu pengaturan untuk fitur ini.

2. Klik Tombol Sesuaikan

Anda bisa menemukan tombol ini di bagian pojok kanan bawah, yang terlihat di monitor PC Anda. Namun jika ternyata, Anda tidak menemukan tombol ini, maka Anda bisa memilih tombol just black, sebagai alternatif. Kemudian klik tombol tersebut.

3. Klik Menu Warna Dan Tema

Setelah tombol sesuaikan ataupun tombol just black telah Anda klik. Maka selanjutnya Anda akan melihat beberapa menu, seperti menu latar belakang, pintasan, dan juga menu warna dan tema. Anda bisa memilih menu warna dan tema, untuk mengaktifkan fitur Dark Mode Chrome PC ini.

4. Memilih Warna Hitam

Sesaat setelah menu warna dan tema telah Anda klik. Tak berapa lama, monitor pada PC Anda akan menampilkan beberapa warna yang bisa Anda pilih, sebagai tema dan background monitor, saat Anda menjelajahi Google Chrome. Jika sebelumnya, Anda hanya akan melihat tampilan background/tema dengan warna putih saja. Maka kali ini, Anda bisa memilih warna hitam, sebagai fitur Dark Mode Chrome PC.

5. Klik Menu Selesai

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan, dalam mengaktifkan fitur Dark Mode Chrome PC ini yaitu dengan mengklik menu selesai. Sesaat setelah Anda memilih warna hitam, sebagai warna tema pada monitor PC Anda. Letak menu ini berada di pojok kanan bawah monitor.

6. Klik Menu Start

Jika Anda merasa, bahwa dengan mengklik menu selesai, berarti fitur Dark Mode Chrome PC ini bisa Anda gunakan, sebenarnya pemikiran itu tidak sepenuhnya benar. Karena Anda diharuskan untuk mengklik menu start terlebih dahulu. Baru Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut. Adapun caranya yaitu dengan menekan menu back, hingga monitor menampilkan menu utama pada PC. Kemudian, klik menu start yang berada di pojok kiri bawah.

7. Cari Menu Dark Theme Setting

Tak berapa lama, setelah menu start telah Anda klik. Anda akan melihat beberapa tampilan aplikasi/program yang terdapat pada PC Anda. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengetikkan dark theme setting di kolom pencarian.

8. Memilih Opsi Dark

Setelah menu dark theme setting telah Anda temukan. Maka Anda bisa segera mengklik menu tersebut. Kemudian lanjutkan dengan mengklik menu colors. Pada menu ini, Anda akan melihat 2 opsi, yaitu opsi show accent colour on the following surfaces serta opsi choose your default app mode. Anda bisa memilih opsi yang terakhir, yaitu opsi choose your default app mode, dan pilih opsi dark.

9. Buka Kembali Google Chrome

Jika langkah-langkah di atas telah Anda lakukan, maka langkah terakhir yaitu Anda bisa kembali membuka Google Chrome di PC Anda. Cara mengaktifkan fitur Dark Mode Chrome PC ini, bisa dibilang berhasil, jika tema/background yang terlihat pada monitor Anda, saat membuka Google Chrome ini telah berubah menjadi gelap/hitam.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan Yang Tiba-Tiba Muncul Di PC

 

Cara Mengaktifkan Ekstensi Dark Reader Pada PC

 

Selain mengaktifkan fitur Dark Mode Chrome PC ini, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan ekstensi dark reader. Dimana dengan fitur ini, warna teks yang terlihat pada Google Chrome akan berubah menjadi gelap, ataupun terlihat dengan warna yang gelap.

Adapun caranya yaitu sebagai berikut,

  • Buka Google Chrome.
  • Kunjungi laman https://chrome.google.com/webstore/category/extensions.
  • Setelah masuk ke halaman utama situs ini, Anda bisa mencari ekstensi untuk membuat teks warna menjadi gelap. Caranya tinggal mengetikkan dark reader di kolom pencarian.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengklik tombol tambahkan ke Chrome.
  • Setelah tombol tersebut Anda klik, maka pada monitor, Anda akan melihat tampilan pop up notification. Anda bisa memilih opsi Add Extension.
  • Tunggu beberapa saat, hingga ekstensi dark reader bisa segera muncul di Google Chrome. Namun jika belum berhasil, Anda bisa mengklik tombol refresh halaman.
  • Secara otomatis, Google Chrome Anda akan menjadi gelap, dengan teks yang berwarna gelap juga.

Meskipun fitur ekstensi dark reader ini bisa dibilang sangat membantu. Terutama dalam meminimalisir cahaya terang yang mungkin masuk ke mata. Namun dengan mengaktifkan fitur ekstensi ini, bisa menyebabkan browser menjadi lebih lambat dari biasanya. Maka dari itu, fitur ektensi dark reader ini jarang dipilih oleh para pengguna Google Chrome. Sehingga mereka sudah merasa cukup, dengan menggunakan fitur Dark Mode Chrome PC ini saja.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tentang Penulis

admin

admin

Tinggalkan Komentar