CATANFA.com/Teknologi – Siapa yang tak kenal dengan USB OTG (On The Go), OTG merupakan perangkat keras dengan dimensi kecil dan peruntukan handphone, berfungsi untuk mempermudah kegiatan penggunanya baik itu dalam hal menulis, membaca atau menghapus data tanpa perantara perangkat PC ataupun Laptop.

Bentuk dari perangkat ini ada 2 ujung. 1 ujung digunakan untuk port flashdisk atau perangkat lainnya yang memerlukan port usb sedangkan port lainnya terhubung dengan perangkat handphone.

print from otg usb – Foto:Dok:Youtube

 

Disini kami akan bahas 7 fungsi tersembunyi pada USB OTG yang dapat mempermudah kegiatan kalian. Tetapi sebelumnya kalian harus perangkat android, apakah sudah mendukung teknologi ini atau belum? Kalian bisa cek dengan menginstall aplikasi tersebut bernama Easy OTG Checker yang terdapat pada Google Play Store. Pada umumnya handphone keluaran terbaru sudah tertanam teknologi ini.

Usb bukan hanya digunakan untuk membaca tetapi kegunaan lainnya, antara lain:

 

Nonton Film dan Serial Favorit Di Handphone

    • Mungkin kalian yang sering unduh data film atau serial dari internet untuk ditonton saat perjalanan ketika sedang dikereta ataupun ditempat lain. Dan tak ingin mempengaruhi kapasitas storage memory rom interal kalian. Opsi ini bisa kalian gunakan USB OTG ini agar lebih praktis dan tak mengganggu media penyimpanan internal kalian kapanpun.

 

Print/Mencetak Dokumen Langsung dari Handphone Ke Printer

    • Ketika kalian ingin print/mencetak file dokumen/gambar dari penyimpanan internal handphone. Kalian tak perlu perangkat pc/laptop yang penting ada perangkat printer kalian sudah bisa mencetak. Tetapi tidak asal colok. Kalian harus install driver printer tersebut dengan bantuan aplikasi yang terdapat di google play store seperti CanonPRINT Inknjet/Epson iPrint/HP Print Service/Samsung Mobile Print. Sesuaikan dengan tipe printer kalian dan ikuti langkah-langkah yang diperintahkan. Kalau sudah terpasang. Anda sudah bisa mencetak.

 

Main Game di Handphone dengan Controller

    • Mungkin kamu yang sudah biasa memainkan di game consol dan ketika bermain game mobile di handphone maka experience dalam bermain agak terganggu. Tetapi jangan khawatir, sekarang kabar baik bagi gamer. Bahwa game yang ada di handphone bisa dipasang konsol kontroller dengan bantuan USB OTG. Sistem ini sudah PlugnPlay tetapi belum semua game kompatible dengan kontroller tersebut sehingga anda harus mencari game apa saja yg sudah support/kompatible. have fun..

 

Kontrol Handphone Android Dengan Mouse atau Keyboard

    • Fitur yang mendukung kegiatan pekerja kantoran/pembisnis. Port Usb OTG hanya 1. port ini bisa kalian gunakan untuk mouse untuk navigasi ataupun keyboard untuk mengetik. Terbatasnya port kalian bisa gunakan media lain seperti media bluetooth ataupun wireless untuk salah satu perangkat. Sistem android ini sudah mendukung berbagai perangkat keybboard ataupun mouse sehingga anda cukup plugnplay.

 

Remote Kamera DSLR

    • Tak hanya untuk mengetik, kontrol game, ataupun print. Port USB OTG juga digunakan untuk remote/kontrol Kamera DSLR. Bukan hanya itu saja, port tersebut bisa kalian pakai saat ingin unggah foto ke medsos kalian, sebab kamera bisa langsung tersambung dengan handphone kalian.
    • Kemudian bisa memungkinkan kalian remote kamera DSLR kalian mulai dari mengatur fokus, kecepatan shutterspeed dan fitur kamera kalian lainnya.
      Untuk menggunakan fitur ini kalian harus insatll aplikasi DSLR kalian yang kompatible dengan kamera kalian.

 

Akses Internet Melalui Ethernet

    • Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui hal ini. Sebab untuk akses internet biasa yang dipakai orang umum melalui wifi atau jaringan seluler. Tetapi ada cara lain untuk akses internet kali dengan media port USB OTG dengan bantuan perangkat Ethernet to USB OTG. Kalian tak perlu pusing lagi dalam hal kuota dan kestabilan internet kalian. Dengan perangkat tersebut kalian bisa sambung dengan jaringan LAN yang dikenal dengan kualitas internet yang lebih stabil dan latensi kecil.

 

Transfer Daya Baterai Handphone saat Emergency

    • Fitur tersembunyi lainnya yakni transfer daya saat emergency/darurat. anda perlu 2 barang yang diperlukan, 1 USB OTG dan 1 Kabel data. 1 berperan sebagai pengisi baterai yang disambungkan dengan OTG, satu berperan sebagai penerima daya. Sangat berguna saat kalian dalam situasi mendesak.

 

https://youtu.be/Iu1zi_RWcU0

Sekian ulasan yang kami bahas dan bagikan. Semoga bermanfaat. Have a good day.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tentang Penulis

admin

admin

Tinggalkan Komentar