Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive yang Wajib Dicoba

Cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive melalui HP, Laptop atau PC paling lengkap dan paling mudah di sini
Google Apps
Ilustrasi Kumpulan Aplikasi Google Apps – Foto : Google

 

CATANFA/Tutorial – Google Drive merupakan salah satu aplikasi penyimpanan yang cukup praktis dan sangat membantu penggunanya. Pasalnya berbagai macam file atau dokumen penting yang disimpan di Google Drive akan teekoneksi dengan akun Google, begitupun dengan file atau dokumen yang dibagikan lewat Google Drive.

Meski aplikasi yang satu ini cukup praktis dan sangat membantu, akan tetapi tidak sedikit para penggunanya ingin menghapus berbagai file atau dokumen baik yang tersimpan atau yang sudah dibagikan. Hal tersebut bertujuan agar ruang penyimpanan masih besar dan tidak mengganggu PC atau Smartphone.

Bagi Anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive, tidak usah khawatir. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk menghapus file yang dibagikan di Google Drive.

 

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive Melalui PC atau Laptop

Apabila Google Drive penuh, maka sudah dipastikan Anda tidak bisa menyimpan berbagai macam data lagi. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus file yang sudah Anda bagikan sebelumnya. Adapun cara-caranya antara lain sebagai berikut.

 

Baca Juga : 5 Hal Niche Yang Dilarang Google Adsense

Baca Juga : Trik Anti DC (Diskonek) Indihome 

 

Bagi Anda yang ingin menghapus file yang sudah dibagikan di Google Drive melalui PC atau Laptop, pertama-tama Anda harus mengunjungi link drive.google.com. Melalui link tersebut, nantinya Anda akan diarahkan ke halaman utama Google Drive.

 

2. Pilih File atau Dokumen

Jika sudah masuk, di halaman Drive Saya, Anda akan menemukan berbagai macam file. Setelah itu pilihlah file-file yang akan Anda hapus. Agar lebih mudah untuk memilih file-file tersebut, bisa juga dilakukan dengan cara menekan tombol Ctrl sambil mengklik file-file yang ingin Anda hapus.

Jika sudah dipilih, selanjutnya klik kanan kalu pilih hapus. Dengan begitu, maka file-file yang dibagikan yang hendak Anda hapus pun akan terhapus. Namun cara tersebut tidak membuat file terhapus permanen. File-file hanya akan terhapus sementara yang tak lain hanya berpindah tempat ke folder recycle bin atau berada pada folder sampah.

Bagi Anda yang ingin menghapusnya secara permanen, maka klik tombol sampah yang terdapat dalam kolom menu yakni yang berada di samping kiri. Setelah itu kemudian klik Ctrl A apabila ingin menghapus seluruh file. Setelah itu klik kanan kemudian klik hapus untuk selamanya. Dengan cara tersebut, file yang Anda bagikan di Google Drive sudah terhapus secara permanen.

 

Baca Juga : Dark Mode Chrome PC, Begini Cara Pemasangannya

Baca Juga : Cara Menghilangkan Pop Up Iklan Di Android

 

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive Melalui HP Android

Selain melalui PC atau Laptop, menghapus file yang dibagikan di Google Drive bisa juga dilakukan melalui HP Android. Tidak jauh berbeda dengan cara menghapus melalui Laptop atau PC, cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive melalui HP Android pun tidak sulit, yakni melalui langkah-langkah berikut ini.

 

1. Buka Aplikasi Google Drive

Langkah pertama yang haru Anda lakukan adalah buka aplikasi Google Drive. Jika belum ada, unduh terlebih dahulu di aplikasi Google Playstore.

 

2. Tekan Tab Folder

Apabila sudah dibuka Google Drive nya, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menekan tab folder. Kemudian pilihlah file yang ingin Anda hapus.

 

3. Tekan ikon Hapus

Apabila file file yang ingin Anda hapus sudah dipilih, langkah selanjutnya adalah tekan icon hapus yang berada di bagian atas. Dengan begitu maka file file yang Anda sudah pilih akan terhapus.

 

4. Klik Menu Opsi Sampah

Setelah itu langkah yang harus Anda lakukan adalah memilih opsi sampah yakni dengan cara menekan menu bagian kiri atas. Dengan cara tersebut Anda akan melihat file file yang sudah terhapus. Hapus kembali agar file file tersebut benar-benar hilang dari Google Drive secara permanen.

 

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive sampai Bersih

Selain dengan cara di atas, terdapat juga cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus file yang dibagikan di Google Drive sampai bersih. Penasaran bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan? Berikut ini adalah cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive sampai bersih.

 

Baca Juga : Tips Cara Membuat QR Code Mudah dan Gratis

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

 

1. Buka Aplikasi Google Drive

Pertama-tama langkah yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Drive setelah itu pilih data atau file yang ingin Anda hapus secara permanen. Jika sudah selanjutnya klik ikon titik tiga yang berada di samping file yang berkaitan.

 

2. Klik Hapus

Apabila tab baru sudah muncul, maka Anda pilih saja tombol Hapus. Jika sudah menghapus file atau data yang ingin Anda hapus, selanjutnya adalah buka menu tampilan Google Drive yang berada disebelah kiri, kemudian klik tompbol sampah.

Pada folder sampah, semua file atau dokumen yang tadi dipahus akan muncul. Agar bisa terhapus secara permanen dan kapasitas penyimpanan menjadi lebih besar maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengklik ikon titik tiga yang berada di samping data tersebut.

Apabila Anda ingin menghapus file  atau data secara banyak, Anda bisa menandai semua file atau data secara banyak setelah itu klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Apabila sudah mendapatkan file yang ingin dihapus secara permanen, pilihlah tombol hapus selamanya. Terakhir, konfirmasi proses penghapusan dengan cara memilih tombol hapus permanen.

 

Manfaat Menghapus File Yang Dibagikan Di Google Drive

Menghapus file yang dibagikan di Google Drive bukan tanpa alasan harus Anda lakukan. Meski penyimpanan Google Drive cukup besar, namun apabila menumpuk file file yang tidak terlalu penting akan membuat HP, Laptop atau PC menjadi berat dan mudah rusak. Selain itu kemampuan HP, Laptop atau PC akan terasa lebih lambat dibanding yang harus semestinya.

Selain itu, aplikasi pun tidak akan berjalan dengan baik sebagaimana yang seharusnya berfungsi. Dan yang pastinya, HP, Laptop atau PC Anda tidak bisa memuat aplikasi tambahan. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk membersihkan file atau data yang dibagikan di Google Drive agar HP, Laptop atau PC bisa berjalan dengan baik dan tidak mudah cepat rusak.

Bukan hanya itu saja, ada sebaiknya jika Anda untuk melakukan penghapusan file atau data yang dibagikan di Google Drive secara rutin. Hal tersebut bertujuan agar performa HP, Laptop atau PC bisa senantiasa terjaga. Dengan begitu penggunaan HP, Laptop atau PC pun akan bertahan lama.

Itulah cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive yang bisa Anda lakukan dengan melakukan cara-cara di atas, maka file- atau data yang sudah dibagikan dan tidak digunakan lagi akan terhapus secara permanen. Selain itu ruang penyimpanan pun akan jauh lebih besar.

 

Baca Juga : Cara Menghapus History Google Drive yang Bisa Anda Lakukan, Mudah dan Cepat

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.