25 C
Jakarta
Jumat,27 Januari 2023

Cara Memperbaiki Charger Laptop Merk Asus yang Tidak Mengisi

Komputer - Foto - Alex Knight On Unsplash
Komputer 8211 Foto 8211 Alex Knight On Unsplash

 

Keunggulan utama menggunakan laptop daripada PC desktop, yaitu dari segi portabilitasnya. Anda dapat membawa laptop kemana saja Anda bepergian tanpa bergantung ke sumber listrik. Hal ini dikarenakan laptop memiliki baterai yang dapat menyimpan tenaga listrik. Namun, ada kalanya baterai kehabisan tenaga listrik dan Anda harus mengisi ulang menggunakan charger. Jika charger laptop Asus sudah tidak mengisi, bagaimana cara memperbaiki charger tersebut?

Ada beberapa cara untuk memperbaiki charger laptop Asus yang tidak bisa mengisi lagi. Sehingga, Anda tidak perlu membeli charger baru untuk laptop Anda. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran Anda. Karena biaya service biasanya lebih murah daripada harus membeli charger yang baru.

 

Baca juga : Cara Membuat Virtual Desktop Pada Windows 10

 

Penyebab Charger Laptop Asus yang Tidak Mengisi

Sebelum membahas cara memperbaiki charger laptop merk Asus yang tidak mengisi, ada baiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyebab charger laptop Asus yang tidak bisa mengisi lagi:

 

1. Steker Charger

Penyebab pertama adalah dari sambungan antara stopkontak yang longgar atau rusak dengan kabel power charger laptop. Ada sebagian steker charger laptop memerlukan konektor khusus agar bisa Anda hubungkan ke stopkontak atau steker kaki tiga.

Steker kaki tiga memerlukan konektor khusus agar bisa terhubung dengan stop kontak standar atau dua lubang. Umumnya konektor steker kaki tiga mempunyai saklar sendiri dengan lampu indikator. Jika konektor rusak, lampu indikator tidak akan menyala.

 

2. Adapter Charger

Sebelum memperbaiki charger laptop Asus, cobalah untuk mengecek adapter charger, apakah ada masalah atau tidak? Karena sebagian adapter charger laptop mempunyai kemampuan mendeteksi masalah di komponen catu daya. Contohnya masalah ketidakstabilan arus listrik, sehingga bisa membahayakan elemen catu daya di dalamnya.

Oleh sebab itu, untuk menghindari masalah yang serius, biasanya adapter charger laptop akan berhenti bekerja dalam beberapa saat. Khusus adapter charger universal, umumnya tidak memiliki kemampuan tersebut.

 

3. Konektor Charger

Konektor charger yang mengalami masalah bisa menybabkan aliran listrik yang berasal dari adapter charger terganggu. Hal tersebut mengakibatkan baterai menjadi tidak terisi meskipun laptop Anda terhubung ke charger laptop.

 

4. Panas Laptop Berlebih

Ketika hendak memperbaiki charger laptop Asus yang tidak mengisi, coba perhatikan suhu laptop. Apakah panasnya berlebihan atau tidak? Karena panas berlebih pada laptop bisa mengakibatkan berbagai masalah untuk perangkat lunak dan perangkat keras pada laptop Anda. Tidak terkscuali mengganggu proses pengisian daya.

 

5. Baterai Laptop

Baterai laptop yang telah lama Anda gunakan umumnya kemampuan untuk menyimpan daya mengalami penurunan. Hal ini membuat waktu pengisian terasa lebih lama dan kapasitas bateral lebih cepat habis.

Terkadang baterai laptop yang sudah rusak tidak bisa lagi menyimpan daya. Oleh karena itu, selama apa pun Anda mengisi ulang daya, baterai akan tetap kosong.

 

6. Kabel Charger

Sebelum memperbaiki charger laptop Asus, cek kondisi kabel charger. Pastikan kabel charger tidak terdapat robekan, bau seperti plastic terbakar, isolasi sudah rusak, adat ada lipatan pada kabel. Jika ada kabel yang putus di dalam jaket pembungkusnya, pasti berpotensi membuat charger laptop menjadi tidak mengisi. Kondisi ini biasanya terjadi akibat tarikan yang cukup kuat saat Anda menggunakan charger tersebut.

 

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

 

Cara Memperbaiki Charger Laptop Merk Asus yang Tidak Mengisi

Setelah mengetahui beberapa penyebab baterai laptop tidak mengisi, Anda bisa mulai mencoba cara untuk memperbaikinya. Silahkan simak cara memperbaiki charger laptop Asus berikut ini:

 

1. Periksa Colokan Kabel Charger Laptop

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek kabel charger, apakah telah terpasang dengan benar pada laptop? Pastikan colokan charger terpasang pada posisi port yang benar.

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Karena jika colokan charger tidak tepat di portnya, secara otomatis daya yang berasal dari charger tidak akan dapat masuk ke dalam laptop. Selain itu, usahakan setiap Anda melakukan charging, harus memasukan colokan kabel charger secara lurus ke dalam port. Jangan sampai miring, karena akan merusak port tersebut!

 

2. Dinginkan Laptop dan Adaptor

Cara memperbaiki charger laptop Asus berikutnya adalah dengan mendinginkan laptop dan adaptor. Baterai laptop sangat sensitif terhadap suhu panas, sehingga baterai laptop akan mengalami masalah jika laptop overheat. Saat suhu laptop mengalami peningkatan secara terus menerus, akan menimbulkan gangguan pada baterai. Hal inilah yang membuat baterai tidak dapat diisi daya.

Overheat biasanya terjadi untuk laptop keluaran lama daripada laptop keluaran terbaru. Anda harus memastikan ventilasi udara tidak terhalang debu dan lancar, agar laptop tidak overheat. Mendinginkan laptop selama beberapa saat sangat membantu proses pengisian ulang daya laptop Asus, sehingga bisa kembali normal. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah dari efek Overheat, sebaiknya untuk segera dibersihkan ventilasi udara fan processor laptop anda.

Selain laptop yang overheat, adaptor juga tidak bisa berfungsi secara baik jika Anda menggunakannya terlalu lama dan panas. Coba cabut adoptor selama beberapa saat, kemudian diamkan sampai suhunya turun. Jika adaptor tidak lagi bersuhu tinggi, Anda bisa melanjutkan proses pengisian daya.

 

3. Periksa Voltase, Ampere, dan Konektor pada Charger

Cara selanjutnya untuk memperbaiki charger laptop Asus adalah dengan memeriksa voltase, ampere, dan konektor charger. Mungkin saja selama ini Anda menggunakan jenis charger all in yang dapat mengisi daya untuk semua jenis laptop.

Oleh karena itu, ketika charger tidak dapat berfungsi, periksa voltase charger dan laptop memiliki kesamaan. Sehingga pengisian dapat berlangsung lancar. Charger yang memiliki ampere dan voltase berbeda dengan laptop bisa menghambat pengisian daya atau tidak mengisi sama sekali. Jika memang ada perbedaan, maka Anda harus mengganti charger laptop yang sesuai dengan laptop milik Anda.

 

4. Lepas Baterai dari Laptop

Cara memperbaiki charger laptop Asus yang keempat, yaitu dengan melepas baterai. Bisa saja penyebab charger yang tidak lagi mengisi karena ada masalah pada baterai laptop. Oleh karena itu, cobalah untuk melepas baterai dari laptop agar menormalkan kembali fungsi laptop dan laptop bisa diisi daya lagi.

Tetapi, tidak semua laptop Asus memiliki baterai yang bisa Anda lepas. Ada sebagian laptop Asus yang mempunyai baterai tanam. Jika laptop milik Anda termasuk yang menggunakan baterai tanam, sebaiknya menggunakan cara lain untuk memperbaikinya.

 

5. Pastikan Kabel Charger Tidak Patah atau Terlilit

Keika Anda melakukan pengisian daya, terkadang kabel dalam keadaan terlilit. Jika hal tersebut terjadi untuk waktu yang cukup lama, serabut tembaga di kabel akan patah di dalamnya. Walaupun tampilan luar kabel charger laptop masih terlihat sangat bagus. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memastikan kabel tidak terlilit ketika proses charging.

Baik, seperti itulah 5 cara memperbaiki charger laptop merk Asus yang sudah tidak bisa mengisi. Semoga dapat membantu Anda untuk menormalkan kembali fungsi charger laptop Asus milik Anda. Agar Anda bisa melanjutkan aktivitas pekerjaan tanpa hambatan dan selesai sesuai deadline.

 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan Yang Tiba-Tiba Muncul Di PC

Baca Juga : Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!

Stay Connected

1,400FansSuka
2PengikutMengikuti
7PelangganBerlangganan

Latest Articles