Info Penting ! Hati-hati penipuan mengatasnamakan kami. Kami Tidak memungut biaya apapun saat peliputan berita sampai terbitnya berita. Jika Anda menemukan hal tersebut, mohon abaikan dan/atau laporkan kepada kami melalui email admin@catanfa.com atau melalui media sosial kami.

Follow Us :

Berikut Perbedaan & Jenis : Bendungan, Bendung, Embung, Waduk & Danau

  • Home
  • >
  • Berita
  • >
  • Hype
  • >
  • Berikut Perbedaan & Jenis : Bendungan, Bendung, Embung, Waduk & Danau
Bendungan Sindang Heula Serang - Foto : sda.pu.go.id
Bendungan Sindang Heula Serang – Foto : sda.pu.go.id

 

Waduk Bendungan dan danau banyak ditemui di wilayah Indonesia, Lokasi tersebut sering kali dijadikan objek wisata yang menarik banyak pengunjung. Namun, sebagian orang masih belum tahu mengenai perbedaan dari bendungan, waduk, dan danau.

Meskipun terlihat sama. Ternyata sebenarnya Waduk, Bendungan dan danau memiliki fungsi , bentuk dan jenis yang berbeda. Simak! Berikut Perbedaan & Jenis : Bendungan, Bendung, Embung, Waduk & Danau:

 

Baca Juga : Cara Membuat Virtual Desktop Pada Windows 10

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

 

Bendungan Jati Gede - FOTO Kompasiana
Bendungan Jati Gede – FOTO: Kompasiana

 

Bendungan (DAM)merupakan prasarana sumber daya air yang bertujuan untuk menahan dan/atau menyimpan air yang berlebih pada musim hujan dan dimanfaatkan untuk penyediaan air baku, air irigasi, pengendali banjir bahkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air tersebu akan ditahan dan terkumpul dalam satu tempat penampungan air yang berukuran besar.

Bendung Kotapala, Tabanan bali Foto: putusukmakurniawan Blog
Bendung Kotapala, Tabanan bali Foto: putusukmakurniawan Blog

Bendung dilihat dari fungsi mirip dengan bendungan (dam), hanya saja ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan bendungan. Bendung biasanya dibuat untuk menghalangi aliran air agar permukaan naik hingga mencapai ketinggian tertentu. Tujuannya dibuat bendung adalah air dapat mengalir lebih jauh dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah. Tak hanya itu, bendung juga sering digunakan untuk irigasi pertanian, mengetahui debit air, serta menghambat laju kecepatan aliran air.

 

Embung Dompak Foto : sda.pu.go.id
Embung Dompak Foto : sda.pu.go.id

Embung merupakan bangunan berbentuk cekung yang berfungsi untuk menampung kelebihan air pada saat musim hujan atau saat terjadi hujan. Air hasil tampungan tersebut akan digunakan sebagai persediaan air suatu wilayah saat musim kering tiba.

 

Waduk Sempor Foto Tangkap Layar Youtube/GAJE DOTS
Waduk Sempor Foto: Tangkap Layar Youtube/GAJE DOTS

Waduk (Reservair) merupakan istilah yang digunakan menunjukkan tempat reservoir atau kolam penyimpanan air yang ukurannya sangat besar. Waduk terdapat 2 jenis, antara lain waduk alami dan waduk buatan. Waduk alami adalah waduk yang terbentuk karena proses alami. Sedangkan Waduk buatan terbentuk karena pembangunan oleh manusia. Air yang tertampung pada waduk tersebut sama seperti pada bendungan atau bendung yakni sebagai bahan baku air minum, irigasi pertanian, pembangkit listrik dan budidaya perikanan.

 

danau_sunter Foto: Domigado.com
danau_sunter Foto: Domigado.com

Danau adalah permukaan bumi yang berbentuk cekungan yang dalam. Danau terdapata 2 jenis air, berupa air tawar maupun air asin. Danau dapat dibedakan berdasarkan proses terbentuknya terdapat 7 jenis, antara lain : Danau Tektonik, Danau Vulkanik,  Danau Tektovulkanik, Danau Bendungan Alami, Danau Karst, Danau Glasial, Danau Buatan. Fungsi dari danau yakni untuk menstabilkan aliran air. Tak hanya itu, juga mempunyai fungsi ekonomi yang sangat tinggi antara lain, untuk penyediaan air bersih, irigasi, industri bahkan untuk budidaya ikan.

 

Usai sudah penjelasan terkait Perbedaan & Jenis : Bendungan, Bendung, Embung, Waduk & Danau. Semoga bermanfaat. Have A Good Day! 🙂

 

#PERBEDAAN #BENDUNGAN #BENDUNG #EMBUNG #WADUK #DANAU

 

Related Posts

Menarik Lainnya

Artikel Terbaru

Woman feeling unwell wearing mask
Berita

Pemerintah Resmi Longgarkan Penggunaan Masker di Area Terbuka, Tapi Ada Syaratnya!

GACOAN KBBI
Bahasa Indonesia

4 Arti Kata Gacoan Menurut KBBI

Kesehatan

11 Tips Jaga Kesehatan Hadapi Suhu Panas

Berita

Rekomendasi Filter Selfie Astetik Instagram (IG) Terbaik 2022 Yang Wajib Anda Coba

Chord & Lirik Lagu

Lirik Lagu Men I Trust – I Hope To Be Around – Lyrics

Berita

Catat! Jadwal Lengkap Konser GI-DLE di Indonesia- World Tour

Terpopuler

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.