Facebook dan Google akan merencanakan pasang dua kabel internet fiber bawah laut baru untuk menghubungkan Asia Tenggara dan Amerika Utara. Singapore dan Indonesia menjadi titik utama jaringan kabel internet fiber tersebut.

Sea Fiber Optic - Vismar UK/Shutterstock.com

Sea Fiber Optic – Vismar UK/Shutterstock.com

 

CATANFA.COM/Techno – Ada kabar baik untuk Internet Indonesia. Facebook dan Google mengungkapkan proyek memasang kabel internet fiber berkecepatan tinggi untuk Asia Tenggara. Sebuah proyek besar hasil dari kerjasama dengan beberapa perusahaan regional untuk suplai internet Singapore dan Indonesia.

Suplai internet ini langsung menarik kabel dari Amerika – Singapore, Amerika – Indonesia. Beberapa keuntungannya yakni menjadikan latency sebuah jaringan akan lebih kecil dan lebih cepat. Sebelumnya jaringan Indonesia ke arah Facebook (Amerika) perlu melewati beberapa node AS jaringan yang cukup banyak dan jauh, sehingga latency jelek dan kadang tidak stabil bahkan terganggu. Juga beberapa yg dipertaruhkan seperti Kecepatan Internet yang menjadi lambat bahkan terputus.

Kami lansir dari BBC, Kabar baik ini datang untuk Indonesia dan Singapore. Karena sebelumnya, Facebook sudah ada 3 proyek untuk menghubungkan jaringan kabel fiber bawah laut Amerika Serikat dan Hongkong. Namun proyek tersebut tertunda karena kendala pemerintah setempat masih menghawatirkan akan terjadinya pengintaian.

Sementara untuk proyek di Indonesia dilaporkan menunggu persetujuan Pemerintah Indonesia.

“Echo Dan Bifrost” merupakan 2 Kabel Internet dengan Rute baru Jaringan Internet yang menghubungkan Amerika – Indonesia melalui laut jawa. Proyek ini direncanakan akan selesai tahun 2023, kerjasama antara Google dan XL Axiata.

Sedangkan untuk proyek Bifrost direncanakan akan selesai setahun kemudian.

 

Akses Internet 

 

Meskipun lebih dari 75% populasi pengguna Indonesia menggunakan akses internet melalui Mobile Data. Lebih dari 10% sudah menggunakan Internet Kabel Broadband, Survey hasil Asosisasi Internet Indonesia tahun 2020.

Facebook tahun lalu, merencanakan membangun 3000km kabel fiber atau 18641 mil di kota-kota Indonesia. Dan juga akan membuat layanan Internet Wi-Fi Hotspot Publik.

Ungkap Salvadori, “Kami bekerja sama dengan mitra dan regulator untuk menyelesaikan semua kecemasan orang dan kami melihat ke depan bahwa kabel Internet itu akan menjadikan Kabel yang bernilai dan produktif.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tentang Penulis

admin

admin

Tinggalkan Komentar